• Berita Terkini

    Thursday, May 25, 2017

    Kuwayuhan Jadi Kampung KB Ke-17 di Kebumen

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Untuk mensukseskan program keluarga berencana Pemkab Kebumen dalam hal ini Dinas Sosial dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (SPP dan KB) Kebumen mencanangkan 27 Kampung KB. Salah satunya yakni RW 3 dukuh Taleban  Desa Kuwayuhan Kecamatan Pejagoan.

    Pencanangan di Desa Kuwayuhan Kecamatan Pejagoan merupakan yang ke 17  Kampung KB di Kebumen. Acara pencanangan dilaksanakan dengan meriah dan dihadiri oleh jajaran Muspika Pejagoan, pada Selasa (24/5/2017).

    Peresmian Kampung KB di Dukuh Taleban tersebut dilaksanakan oleh Camat Pejagoan Suyitno SSos dengan menandatangani prasasti, potong pita pukul kentongan dan potong tumpang. Acara juga dimeriahkan dengan pelepasan balon udara.

    Kapala UPTD Dinas SPP dan KB Kecamatan Pejagoan Dra Dwi Eny Lestari menyampaikan, Kampung KB yang dibentuk untuk menyukseskan KB itu dilaksanakan dengan pada daerah yang masih tingkat partisipasi KB nya masih minim. “Dengan adanya kampung KB diharapkan partisipasi KB nya akan meningkat,” tuturnya.

    Saat ini, lanjutnya, di Dukuh Taleban dari 171 Pasangan Usia Subur (PUS) , baru terdapat 89 atau 52 persen yang ikut KB, sedangkan 82 lainnya belum mengikuti program tersebut.  Menurutnya, dengan ber KB, maka kesempatan anak untuk mendapatkan Kesejahtreaan akan lebih besar. “Lebi baik sedikit tapi berkualitas,” paparnya.

    Sementara itu Camat Pejagoan Suyitno SSos dalam sambutannya menyampikan dukungannya terhadap program tersebut. Pihaknya Adanya Program KB yang juga merupakan  program Presiden RI Joko Widodo bertujuan untuk mensejahterakan dan memakmurkan rakyat. “Dengan semakin berkualitasnya penduduk Indonesia maka kemajuan bangsa akan semakin cepat,” paparnya.

    Suyitno menambahkan, Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat RW, dukuh yang memiliki kriteria tertentu.  Dalam kampung tersebut, terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga, dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

    Dalam hal ini, pemeritah Desa Kuwayuhan bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana Kabupaten Kebumen menunjuk Dukuh Taleban Desa Kuwayuhan untuk dipromosikan menjadi piloting kampung KB di wilayah Kebumen. “Semoga semua dapat berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan oleh masyarakat maupun pemerintah,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top