• Berita Terkini

    Thursday, April 27, 2017

    Pengelolaan Obwis Laguna Pantai Lembupurwo Dibenahi

    DOK/SAEFUR/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Seiring pembangunan Bandara di Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), harus diiringi dengan persiapan yang baik dari daerah-daerah di sekitarnya, termasuk di Kebumen. Apalagi, di saat bersamaan juga dibangun jaringan jalan Lintas Selatan-selatan (JJLSS) penghubung Jogja dan Cilacap.

    Peluang sekaligus tantangan itu pula yang disadari Pemerintah Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit. Dalam upaya menyambut peluang itu, warga setempat bertekad
    mengembangkan obyek wisata Pantai Laguna Lembupurwo di wilayah setempat.  Salah satu upaya yang ditempuh, dengan mereorganisasi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Pantai Laguna Lembupurwo.

    Ketua Pokdarwis yang baru terpilih, Sunarno bersama Sekretaris Intan Isdiman menyampaikan, Pokdarwis yang baru terbentuk merupakan penyempurnaan dari Pokdarwis sebelumnya. "Sebelumnya sudah ada Pokdarwis, namun sempat mengalami kevakuman. Akhirnya pengelolaan Pantai Laguna masih berjalan sendiri-sendiri sehingga belum optimal," kata Intan Isdiman soal latar belakang reorganisasi Pokdarwis.

    Hingga kemudian, Intan mendapat bimbingan dari  Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisatà Kabupaten Kebumen. Bimbingan itu membuat mata warga Desa Lembupurwo terbuka. Berada di ujung timur Kebumen dan dilewati JJLSS, Pantai Laguna Lembupurwo Mirit tak hanya strategis dari sisi lokasi. Sekaligus memiliki potensi luar biasa. Bahkan, Pemkab melaluyi Bupati baru saja meluncurkan wisata off road di Pantai Lembupurwo. "Pantai Laguna adalah satu-satunya pantai di Kebumen yang memiliki sungai. Belum lagi adanya hutan mangrove yang keindahannya tak banyak dimiliki tempat lain," imbuh Cokro Amino, tokoh masyarakat Lembupurwo.

    Dan sejauh ini, tingkat kunjungan wisatawan ke obwis tersebut terus meningkat. Terutama saat musim libur lebaran. Sayangnya, kata Intan Isdiman, pengelolaannya masih berjalan sendiri-sendiri sehingga nilai ekonomisnya belum bisa dinikmati seluruh warga Desa Lembupurwo. Dengan adanya Pokdarwis yang beranggotakan karangtaruna dan masing-masing perwakilan wilayah Desa Lembuprueo, diharapkan hal itu akan dibenahi.

    "Pokdarwis bertugas mempersiapkan pengembangan Pantai Laguna. Dari fasilitas mulai kuliner, cenderamata, homestay, infrastruktur, pelayanan hingga promosi sehingga pengunjung mendapat pelayanan  lebih baik," ujarnya sembari mengatakan nantinya mereka akan mendapat pendampingan dari pemkab Kebumen.

    Kepala Desa Lembupurwo, Bagus Wirawan mengapresiasi upaya warganya untuk memajukan desa. Bagus berpesan, para anggota Pokdarwis harus bisa bekerja sama dengan baik dan menjaga persatuan dan kesatuan. "Mari kita jaga bersama Pantai Laguna. Jangan sampai ada lempar tanggung jawab," katanya.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top