• Berita Terkini

    Thursday, April 6, 2017

    AKBP Titi Jadi Kapolres Perempuan Pertama di Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sejarah baru terukir di Kepolisian Resort (Polres) Kebumen. Untuk pertama kalinya, jabatan kapolres dipercayakan kepada perempuan. Dia adalah AKBP Titi Hastuti SSos yang menjadi Kapolres Kebumen menggantikan pejabat lama AKBP Alpen SH SIK MH.

    Mantan Kasubbagren Bagrendafung Rorenmin Itwasum Polri ini resmi menjabat sebagai pemimpin tertinggi di Mapolres Kebumen setelah melakukan serah terima jabatan
    di Gedung Borobudur Mapolda Jateng, Rabu (5/4/2017).

    Sertijab yang dipimpin Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono juga bersamaan dengan sertijab sejumlah kapolres se-Polda Jateng, termasuk AKBP Alpen yang mengemban tugas baru sebagai Kasubbaglap Bagvisilap Rowassidik Bareskrim Polri.

    Kehadiran AKBP Titi membuat Polres Kebumen semakin istimewa. Karena untuk pertama kali di Indonesia, tampuk pimpinan polres diisi duet perempuan. Yakni AKBP Titi dan Wakapolres Kompol Umi Maryati.

    Sementara penyambutan AKBP Titi di Mapolres Kebumen digelar melalui tradisi pedang pora, Kamis (6/ 4) pagi. Prosesi diawali dengan pengalungan bunga di depan pintu gerbang Mapolres Kebumen.

    Kemudian sejumlah perwira berseragam lengkap dengan masing-masing sebilah pedang mengambil posisi saling berhadapan, lalu membentuk gerbang. Sembari diiringi musik penyambutan, AKBP Titi bersama suami, Sigit melangkah pelan membuka setiap gerbang pora dengan diiringi taburan bunga sebagai ungkapan selamat datang.

    Setelah pedang pora usai dilanjutkan dengan Laporan Satuan (Lapsat). Baru pada siang harinya selepas dzuhur digelar acara kenal pamit pejabat baru dan pejabat lama di lapangan tenis kompleks Mapolres Kebumen.

    Hadir dalam acara tersebut Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, Wakil Bupati  KH Yazid Mahfudz, Ketua DPRD Kebumen, Cipto Waluyo, Dandim 0709 Letkol Kav Suep  dan jajaran Forkompinda Kebumen.

    Acara semakin semarak dengan kehadiran sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, pengusaha dan tokoh lintas agama dan suku. Sejumlahkomunitas juga turut hadir, termasuk komunitas Sedulur Kebumen yang kelahirannya dibidani oleh AKBP Alpen.

    Di masa awal tugasnya, AKBP Titi mengungkapkan dirinya akan meneruskan program kerja kapolres lama.

    “Tak ada perubahan frontal, kami akan meneruskan program kerja pejabat lama. Apa yang perlu diteruskan akan tetap saya teruskan dan ditindaklanjuti,” ucapnya saat memberikan sambutan.

    Pada kesempatan itu, AKBP Titi menuturkan jika rasa aman bukan hanya kebutuhan polisi saja, tapi juga masyarakat. “Karena itu mari kita jaga bersama agar Kebumen tetap aman dan nyaman,” kata perempuan kelahiran Banyumas ini.

    Sementara AKBP Alpen menuturkan jika tak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Karena itulah, Alpen meminta maaf jika selama bertugas di Kebumen ada perbuatan maupun tutur kata yang kurang berkenan di masyarakat.

    “Polisi juga manusia biasa. Manusia hanya bisa berusaha untuk berbuat sebaik mungkin, seperti halnya seorang polisi yang akan terus berusaha menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,”kata Alpen.

    Alpen juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas kepada semua pihak yang telah memberi dukungan selama menjabat sebagai Kapolres Kebumen.Bupati Fuad juga mengapresiasi kinerja AKBP Alpen selama bertugas di Kebumen. “Banyak terobosan yang dilakukan Pak Alpen untuk menciptakan keamanan di Kebumen,” kata Fuad.

    Menurut Fuad, faktor keamanan dan stabilitas merupakan hal penting. Sebab tanpa keduanya sulit untuk melakukan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

    “Kepada AKBP Titi kami ucapkan selamat datang,kami optimis Kebumen akan semakin aman dan kondusif dengan kedatangannya,” tutur Fuad. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top