• Berita Terkini

    Tuesday, February 7, 2017

    Tunggu Gubernur, Pengukuhan Saber Pungli Kebumen Ditunda

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pengukuhan Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kebumen yang semula direncanakan pada Selasa (7/2/2017)  ditunda.  Penundaan ini dilakukan terkait rencana kunjungan kerja Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ke Kabupaten Kebumen, pada Kamis (9/2).

    "Pada hari Kamis, Gubernur Jawa Tengah akan berkunjung ke Kabupaten berselogan Beriman ini. Dengan demikian, maka acara pengukuhan Saber Pungli Kebumen diundur menjadi Kamis (9/2) dan akan dihadiri secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah," ujar Kabag Humas Setda Kebumen Sukamto SSos, Selasa (7/2).

    Nantinya, kata  Sukamto pengukuhan akan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Setda Kebumen. "Perubahan jadwal ini pun sudah diikuti dengan pemberitahuan kepada pihak-pihak terkait. Undangan yang sebelumnya tertulis Hari Selasa kita sesuaikan menjadi hari Kamis," katanya.

    Hal senada juga disampaikan oleh, Kapolres Kebumen AKBP Alpen SH SIK MH melalui Kasubag Humas Polres Kebumen AKP Willy Budiyanto SH MH. Pihaknya menjelaskan, sedikitnya terdapat dua tim saber pungli yakni pada Polres Kebumen dan Satgas Saber Pungli Kebumen. Satgas Saber Pungli Kebumen terdiri dari gabungan beberapa unsur meliputi Polri, TNI, Satpol PP, Inspektorat, Dinas Perhubungan dan dinas terkait lainnya. “Rencananya pengukuhannya memang hari ini (7/2, red), namun kemudian diundur,” paparnya.

    Secara garis besar mayoritas masyarakat mendukung adanya pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Terlebih pembentukan satgas saber pungli sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 87 Tahun 2016,  tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

    Sebelumnya Dosen Fakultas Hukum Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, Drs H Muhammad Khambali SH MH meminta, Satgas ini dapat bekerja dengan baik serta memahami betul tugas dan fungsinya. Sehingga, dalam pelaksanaannya nanti tidak ada kejadian salah tangkap gara-gara pengertian pungli yang multitafsir.(mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top