• Berita Terkini

    Saturday, February 11, 2017

    GOW Kebumen Gelar VCT Sukarela

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kebumen bekerjasaman dengan Dinas Kesehatan menggelar Voluntary Counseling and Testing (VCT) secara sukarela kepada anggotanya untuk mengetahui apakah terinfeksi HIV/AIDS atau tidak. Kegiatan tersebut dipusatkan di kantor GOW Kebumen di Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati, kemarin.

    Ketua Umum GOW Kabupaten Kebumen Ny Dede Siswoyo, mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan kesehatan anggota GOW. Dia menjelaskan kegiatan VCT dilakukan secara sukarela untuk memeriksa darah sehingga mengetahui terkena AIDS atau tidak.

    "Pemeriksaan ini penting, apalagi Kabupaten Kebumen merupakan salah satu kabupaten tertinggi dengan jumlah penderita HIV/AIDS di Jawa Tengah," kata Ny Dede, disela-sela kegiatan.

    Dia menjelaskan VCT merupakan pintu masuk penting untuk pencegahan dan perawatan HIV. Karena VCT adalah layanan konseling dan tes HIV secara sukarela yang bersifat konfidensial dan secara lebih dini membantu orang mengetahui status HIV.

    "Cara yang dilakukan dengan mendeteksi adanya antibodi HIV didalam sampel darahnya," katanya.

    Menurutnya, banyak orang yang selama ini tidak menyadari risiko perilakunya terhadap kemungkinan tertular atau pun menularkan HIV. Hal itu karena tidak segera menjalani tes HIV perilakunya tetap saja berisiko tinggi.

    Hal itu, kata dia, berkaitan erat dengan kesadaran untuk menjaga kesehatan diri sendiri, pasangan maupun calon anak-anak. Dengan semakin cepat mengetahui status HIV, semakin banyak hal positif yang bisa dilakukan dalam hidup manusia.

    "Jangan takut menjalani VCT, karena konseling dalam VCT dijamin kerahasiaannya dan tes ini merupakan suatu dialog antara klien dengan petugas kesehatan," imbuhnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top