• Berita Terkini

    Thursday, November 10, 2016

    Makam HR Soenarto Dipasangi Bambu Runcing

    Sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN  (kebumenekspres.com)- Makam HR Soenarto yang berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dukuh Petunjungan Desa Tunjungseto, Kecamatan Sempor, mendapatkan pemancangan bambu runcing berbendera merah putih sebagai penghomatan atas jasa-jasanya. Pemancangan tersebut dilakukan bertepatan dengan Hari Pahlawan, Kamis (10/11).

    Pemancangan bambu runcing bendera merah putih tersebut dilakukan langsung Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, disaksikan unsur Forkompimda serta pejabat terkait lainnya.

    Pemancangan bambu runcing pejuang eksponen 45 ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan yang diberikan oleh pemerintah dan masyarakat terhadap pejuang dan Pahlawan yang tidak dimakamkan di Taman makam Pahlawan ini.

    “Pemancangan bambu runcing berbendera merah putih ini pada dasarnya merupakan penghargaan atas jasa-jasa dan perjuangan kelima orang pahlawan kita ini. Diharapkan juga bisa membangkitkan rasa hormat dari para generasai penerus atas perjuangan almarhum sehingga muncul keinginan untuk melanjutkan perjuangannya,” Kata Mohammad Yahya Fuad, Kamis (10/11).

    Menurutnya, pemancangan bambu runcing berbendera merah putih dilakukan terhadap pejuang atau pahlawan yang pernah berjuang pada saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI tahun 1945 hingga akhir 1949. "Penghargaan ini diberikan atas jasa jasanya yang turut serta dalam mempertahankan keutuhan NKRI, ketika penjajah Belanda masih mencengkeramkan kukunya di bumi Indonesia," ujarnya.

    Ia menambahkan, pemberian penghargaan di atas pusara eksponen pejuang angkatan 45 tersebut menunjukkan kepada masyarakat, termasuk para generasi muda bahwa di Desa Tunjungseto, Kecamatan Sempor terdapat makam pejuang yang sangat besar jasanya dalam mempertahankan keutuhan NKRI.

    "Karena itu sebagai generasi penerus kita bersama generasi muda hendaknya bisa mengambil hikmah dari kegiatan ini. Untuk mempertebal jiwa dan semangat patriotisme dan nasionalisme serta kecintaan terhadap tanah air dan bangsa Indonesia. Kita menyadari tanpa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan tentu kita akan menikmati kemerdekaan seperti saat ini," paparnya.

    Sementara itu, anak pertama HR Soenarto, Sri Endang Tidarwati Wahyuningsih, mengaku sangat berterima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Almarhum HR Soenarto. “Atas nama pihak keluarga. kami mengucapkan terimaksih kepada pihak-pihak yang telah memberikan penghargaan ini. Semoga hal ini bisa membuat kami selaku penerus, bisa meneruskan perjuangan atau cita-cita beliau,” tuturnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top