• Berita Terkini

    Wednesday, October 26, 2016

    Dukung Pabrik Semen, Warga Rembang Gelar Aksi ke Jakarta

    WARGA PRO SEMEN FOR RADAR KUDUS
    Datangi Kantor MA dan Istana NegaraREMBANG – Ratusan orang yang mendukung pendirian pabrik semen di Kabupaten Rembang, berangkat menuju Jakarta, kemarin. Mereka akan menggelar aksi damai di depan Mahkamah Agung (MA) dan Istana Negara hari ini (27/10).

    Ratusan orang itu, semula berkumpul di depan wana wisata pemandian Mantingan, Bulu, sekitar pukul 07.00. Total sekitar 120 orang yang berangkat menuju Jakarta dengan menaiki dua unit bus dan satu minibus. Mereka merupakan warga yang mendukung pendirian PT Semen Indonesia.

    Kepergian warga itu, juga membawa puluhan spanduk yang berisikan dukungan pembagunan pabrik semen. Rencananya, mereka akan menyampaikan pendapatnya di depan Kantor MA terlebih dulu, di mana lembaga tersebut yang memutuskan mengabulkan Paninjauan Kembali (PK) dari warga penolak pabrik semen.

    Dari Kantor MA, gabungan karyawan, pegawai kantin dan tokoh masyarakat ini baru melanjutkan aksinya di depan Istana Negara. Mereka sengaja datang ke sejumlah lokasi itu, supaya tahu bagaimana keresahan warga jika pabrik tersebut tidak jadi beroperasi.

    Waid, koordinator lapangan (korlap) aksi mengatakan, demonstrasi damai tersebut digelar menyikapi dikabulkannya gugatan Peninjauan Kembali (PK) oleh MA. Gugatan tersebut diajukan oleh warga yang menolak pendirian pabrik semen.

    Dia berharap, izin yang telah dikantongi PT Semen Indonesia tidak dicabut dan pabrik segera beroperasi. ”Sejak pembangunan pabrik semen ini dimulai, perekonomian warga sekitar mulai tumbuh. Dulu pengangguran banyak. Tapi sekarang sudah banyak yang bekerja di lokasi pembangunan,” jelasnya kemarin.

    Disinggung dampak lingkungan apabila pabrik tersebut berdiri, dia menjelaskan jarak desanya dengan lokasi pabrik sejauh tiga kilometer. Sehingga, jarak tersebut dinilai aman meskipun masuk dalam Ring 1. (lid/lil)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top