• Berita Terkini

    Friday, September 9, 2016

    Puncak Arus Mudik Idul Adha Diprediksi Sabtu Malam Nanti

    agus/radmas
    BANYUMAS-Puncak arus mudik Idul Adha di jalur Pekuncen-Ajibarang diprediksi pada Sabtu (10/9) malam. Saat ini, terpantau sejumlah kendaraan dari arah Brebes melalui jalur Pekuncen menuju Purwokerto sudah mulai masuk Ajibarang sejak Jumat (9/9) pagi. Sementara walaupun sudah ada larangan bagi truk berat seperti tronton dan truk gandeng melintas, namun masih banyak pengemudi yang membandel.

        Kapolsek Ajibarang AKP I Putu Krisna melalui Kaposlantas Aiptu Miswanto menjelaskan, sejak Jumat (9/9) pagi terpantau kendaraan plat Jakarta dan sekitarnya masuk ke Banyumas melalui jalur Pekuncen menuju Ajibarang dan Purwokerto. Diprediksi puncak arus mudik Idul Adha pada Sabtu (10/9) malam.

        "Prediksi puncak arus mudik Idul Adha pada besok malam (hari ini, red). Namun kendaraan dari arah Brebes sejak Jumat pagi sudah masuk ke Banyumas. Ada yang ke arah Purwokerto atau arah Wangon untuk lewat jalur selatan,"jelas Miswanto, Jumat (9/9).

        Terkait kendaraan berat yang dilarang melintas seperti truk tronton sampai gandeng, Miswanto akan menindak pengemudi yang nekad melintas sejak 9 September sampai 12 September mendatang. Walaupun ada beberapa kendaraan yang melintas, namun setelah ditegur ternyata kendaraan tersebut akan parkir di SPBU terdekat.
        "Ada beberapa truk yang ternyata akan parkir ke SPBU terdekat. Kami berikan teguran supaya segera parkir atau mencari lokasi untuk beristirahat karena sesuai dengan Surat Edaran Menteri PErhubungan, kendaraan berat dilarnag melintas di jalan nasional dan jalur wisata selama empat hari dalam libur Idul Adha tahun ini,"jelasnya.

        Untuk titik rawan macet dalam arus balik mendatang, lanjut Miswanto, pihaknya akan menempatkan petugas di titik rawan seperti di Simpang SPBU Ajibarang. Titik tersebut diketahui sebagai tempat pertemuan kendaraan dari arah Wangon dan Purwokerto menuju arah Brebes.
        "Mengantisipasi kemacetan saat arus balik lebaran Idul Fitri dan Tahun Baru, simpang SPBU menjadi lokasi rawan macet. Karena jalur Pekuncen menuju Bumiayu selain ada perlintasan kereta api juga ada pertigaan menuju obyek wisata Waduk PEnjalin Patuguran,"jelasnya. (gus)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top