• Berita Terkini

    Friday, September 23, 2016

    Mahasiswa Baru UMP Ikuti PPKK

    PURWOREJO- Ratusan Mahasiswa Baru (Maba) mengikuti Program Pengenalan Kehidupan Kampus (PPKK) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) tahun akademik 2016/2017. Selama 4 hari, kegiatan dikemas dengan konsep jauh dari kekerasan, tetapi tetap tegas, menyenangkan, kreatif, dan mendidik.

    Para mahasiswa baru tidak hanya diajak beradaptasi dengan lingkungan kampus, melainkan juga didorong untuk menjauhi dan memerangi narkoba serta HIV AIDS. Mereka diwajibkan mengikuti penyuluhan Hidup Sehat Tanpa Narkoba dan HIV AIDS yang disampaikan oleh Binmas Polres Purworejo.

    "Sesuai arahan dari Dikti, harus ada kegiatan atau materi tambahan yang mendidik dalam PPKK. Kita memilih materi tersebut dalam rangka membentengi mahasiswa baru dari penyimpangan remaja, khususnya narkoba," kata Ismawati Ike Nugraheni MHum, Wakil Dekan FKIP selaku
    ketua panitia PPKK, kemarin.

    Dijelaskan, PPKK diadakan selama 4 hari, Senin-Kamis (19-22/9). Kegiatan diikuti seluruh Maba yang berjumlah 834, terdiri atas 312 laki-laki dan 522 perempuan. Mereka berasal dari 14 program studi (Prodi). Rinciannya, Prodi Agribisnis 21 Maba, Peternakan 7 Maba,
    Hukum 12 Maba, Psikologi 21 Maba, dan Manajemen 143 Maba. Berikutnya Prodi PBI 100 Maba, PBSI 48 Maba, PBSJ 7 Maba, Pendidikan Ekonomi 51
    Maba. Pendidikan Fisika 16 Maba, PGSD 162 Maba, pendidikan Matematika 121 Maba, Pendidikan Teknik Otomotif 77 Maba, dan Teknik Sipil 49 Maba.

    "Sebanyak 834 peserta PPKK merupakan mahasiswa program regular, ditambah 12 mahasiswa lama yang belum mengikuti PPKK. Dari jumlah itu, 24 Maba adalah peraih beasiswa bidik misi," jelasnya.

    Menurut Ike, PPKK merupakan momentum awal untuk menanamkan cara pandang Maba yang bercorak UMP, yakni unggul dalam prestasi dan mulia
    dalam akhlak. Karena itu, pihaknya berupaya untuk mengemas PPKK sebaik mungkin.

    "Kebijkan akedemisnya, mahasiswa itu harus kritis dan analis. Namun, mereka juga harus menjunjung tinggi akhlakul karimah," ungkapnya.

    Selama 4 hari, beragam kegiatan diikuti seluruh Maba. Selain kegiatan ruang, mereka juga berkesempatan mengunjungi suguhan stand dan performance dari 14 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

    Kegiatan PPKK ditutup secara resmi oleh Rektor UMP Drs H Supriyono MPd. Dalam kesempatan itu, ratusan Maba bersama para dosen dan mahasiswa pengampu PPKK kompak melakukan pelepasan balon sebagai simbol beralihnya masa siswa menjadi mahasiswa.

    "Sejumlah balon yang diterbangkan juga disemati kertas bertuliskan harapan para Maba," kata Hermawan MPdI, seksi acara PPKK. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top