• Berita Terkini

    Friday, September 9, 2016

    Bangun Mental Dosen Lewat Mendaki Gunung

    KEBUMEN - Menarik melihat kiprah para dosen di STIE Putra Bangsa ini. Di sela-sela kesibukan mengajar, sejumlah dosen membentuk kelompok pecinta alam yang mereka beri nama Dopala (Dosen Pecinta Alam) STIE Putra Bangsa.

    Sesuai dengan namanya, para dosen itu mengisi waktunya dengan berpetualang. Sejumlah ekspedisi telah mereka lakukan dengan menaklukan sejumlah gunung di Jawa Tengah dan Jawa Timur, diantaranya adalah Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu.

    Koordinator pendakian Dopala STIE Putra Bangsa, Parmin SE MM menyampaikan, Dopala merupakan salah satu lembaga aktivitas kegiatan dosen di luar akademik. Dopala ini terbentuk setelah aktivitas olah raga rutin di hari Jum’at pada setiap minggunya yang dilakukan beberapa dosen melakukan aktivitas olah raga jalan sehat di sekitar dataran tinggi di sekitar wilayah Pejagoan Kebumen.

    Setelah berimbas baik dan memiliki banyak manfaat, akhirnya muncullah ide untuk melakukan kegiatan ekspedisi lebih lanjut ke luar wilayah Kebumen.  Namun sebelum melakukan kegiatan tersebut, Dopala selalu melakukan pemanasan dan eksplorasi dataran tinggi di wilayah kabupaten Kebumen, diantaranya Bukit Silangit, Bukit Cemara, Bukit Condong dan beberapa yang lainnya.  "Rencana selanjutnya akan dilakukan pendakian di Gunung Slamet dan Gunung Semeru," katanya, kemarin.

    Hal ini diharapkan bisa menjadi pemanasan sebelum melakukan pendakian yang real di Gunung yang akan didaki, mengingat beberapa dosen ada yang sudah memiliki pengalaman dan bernostalgia pada saat muda, dan lainnya masih sama sekali baru untuk melakukan pendakian.

    Ketua STIE Putra Bangsa, Gunarso Wiwoho, SE MM, yang juga terlibat dalam aktivitas beberapa  pendakian, mendukung penuh aktivitas Dopala. "Dopala ini terbentuk untuk meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan YME dan membangun pribadi yang memiliki karakter dan memiliki rasa kecintaan terhadap alam, kepedulian kepada rekan dan kerja sama yang solid dalam pekerjaan," ujarnya.(*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top