• Berita Terkini

    Sunday, September 25, 2016

    Anggota Perbakin Dilibatkan Tanggulangi Babi Hutan di Wadasmalang

    imam/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Petani Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung tengah dipusingkan dengan serangan kawanan babi hutan yang menyerang tanaman mereka. Segala cara diupayakan untuk mengusir hama pemakan tanaman yang biasa disebut warga dengan hewan celeng itu.

    Termasuk, melibatkan para anggota Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin).

    Kepala Desa Wadasmalang Eko Agus Riyadi membenarkan maraknya hama babi hutan yang meresahkan warga. Menurutnya hingga kini belum ada cara yang efektif untuk menanggulangi hama itu. Jika menggunakan jebakan, dikhawatirkan akan membahayakan manusia, begitu juga dengan  penggunaan racun. “Paling dilakukan dengan cara diburu, itu pun  oleh  Perbakin,” ucap Kades yang kebetulan anggota Perbakin tersebut.

    Slamet (34) warga setempat mengatakan, sejauh ini babi hutan , hal  itu kurang maksimal, sebab  Perbakin hanya memburu babi hutan yang besar,  sementara babi kecil dibiarkan tetap hidup. “Kalau yang kecil tidak diburu, dan dibiarkan hidup,”  ungkapnya.

    Serangan babi hutan merusak tanaman warga di Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung dan mengganas dalam beberapa waktu terakhir. Akibat serangan babi hutan, para petani kini terancam gagal panen.
    (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top