• Berita Terkini

    Tuesday, August 30, 2016

    SMKN 1 Gelar Pilketos Online

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 1.324 pemilih menggunakan hak suaranya pada pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS di SMK Negeri 1 Kebumen. Dari total 1.552 pemilih, yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 228 orang. Pemilihan Ketua OSIS yang digelar selama dua hari itu, Minggu-Senin (28-29/8), dengan metode pemilihan secara online.

    Ketua Panitia Pemilihan Ketua OSIS SMK Negeri 1 Kebumen, Itba Nur Istiqomah, mengatakan pada pemilihan hari Minggu (28/8), dikhususkan untuk kelas XII. Sedangkan pada Senin (29/8/2016), dijadwalkan untuk kelas XI dan X.

    "Kita memang jadwalkan dua hari agar mudah dalam pengawasannya," kata Itba Nur Istiqomah, kepada Kebumen Ekspres, disela-sela acara, Senin (29/8).

    Dia menjelaskan, metode Pemilihan secara online memudahkan para pemilih menggunakan hak suaranya. Setelah mereka mendapatkan password. "Mereka dapat memilih dimanapun berada dengan memasuki website yang telah disediakan oleh Komisi Pemilihan OSIS SMK Negeri 1 Kebumen," ujarnya.

    Menurutnya, ini berbeda dengan tahun lalu, dimana pemilu dilakukan secara offline. Perubahan metode dari offline ke online mempengaruhi jumlah pemilih. "Dimana jumlah pemilih mengalami peningkatan pada saat pemilihan secara online," bebernya.

    Berbagai alasan panitia menyelenggarakan pemilihan secara online, yaitu pemilihan lebih efektif dalam waktu, efisien dalam biaya dan tenaga. Selain itu, juga memanfaatkan kemampuan yang dimiliki oleh siswa SMK 1 Kebumen bidang Teknologi Informatika. " Ini juga sebagai wadah siswa untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi," imbuhnya.

    Adapun pasangan kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS, yakni Umi Kulsum ( kelas XI AP 1 ) dan Raiza Teguh Prastiyo ( X MM 2 ), M Saeful Lukman ( kelas XI AK 4 ) dan Hesti Prihatini ( kelas X AK 4 ). Selanjutnya, Faza Alzaura (kelas XI MM 2 ) dan Dinunah Diyana (kelas X TN 2 ) dan Tati Setiani (kelas XI AK 2 ) dan Dwi Puspa Agustina (kelas X MM 1 ).

    Setelah selesai pemilihan, pasangan M Saeful Lukman dan Hesti Prihatini, terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS masa bakti 2016-2017.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top