• Berita Terkini

    Monday, June 6, 2016

    Tim BHRD Kebumen Gelar Sidang Isbat di TPI Pedalen

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Kebumen menggelar Sidang Isbat di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pedalen, Kecamatan Ayah, Minggu (5/6). Pada sidang isbat yang dilaksanakan mulai pukul 17.32 WIB hingga 18.05 WIB, tim BHRD melihat Hilal (Rukyatul Hilal), dengan demikian maka awal Bulan Suci Ramadhan dimulai pada hari ini, Senin (6/6/2016).

    Menurut Ketua BHRD Kabupaten Kebumen Khamid, sidang tersebut diikut oleh beberapa pihak mulai dari jajaran Kepolisian Sektor Kecamatan Ayah, Pemda, Kemenag dan beberapa dari kabupaten tetangga seperti Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara dan sejumlah pihak terkait. “Untuk Kebumen berhasil melihat Hilal, ini artinya, tanggal 1 Ramadan jatuh pada Senin (6/6),” kata Khamid yang juga Kasi Penyelenggara Syariah pada Kantor (Kemenag) Kabupaten Kebumen disela-sela perjalanan pulang.

    Dijelaskannya, merupakan proses dalam pelaksanaan sidang isbat tersebut, yakni pengambilan sumpah kepada Abdul Haris SAg oleh Kemenag Kebumen. Hal ini sebagai bukti kuat bahwa dia merupakan saksi yang melihat Hilal.

    Dengan dimulainya Bulan Ramadhan, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang beragama Islam untuk melaksanakan ibadah puasa, sedangkan bagi umat agama lain agar dapat menghormatinya. Masyarakat yang tidak menjalankan puasa diharap tidak terang -terangan makan dan minum serta merokok di tempat terbuka.  “Dengan selalu menjaga  toleransi yang baik, diharapkan Kabupaten Kebumen selalu dalam kondisi kondusif,” paparnya.

    Lebih lanjut dijelaskan, Kantor Kemenag Kebumen juga telah menyebarkan jadwal imsakiyah untuk pegangan umat muslim dalam menjalankan ibadah selama Bulan Suci Ramadan. Bukan hanya itu  pada jadwal imsak dan buka puasa itu, juga terdapat juga terdapat jadwal sholat. “ Saya juga berharap selama Bulan Ramadhan tempat-tempat hiburan, warung makan, restoran agar  tidak beroperasi,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top