• Berita Terkini

    Tuesday, April 5, 2016

    Timpa Jalan, Batu Sebesar Rumah ini Harus Diledakkan

    BPBD KEBUMEN FOR EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres,com)- Sejumlah titik longsor menyusul hujan deras yang mengguyur Kebumen akhir pekan lalu. Khususnya di sejumlah kecamatan bagian utara Kabupaten Kebumen. Diantaranya di Kecamatan Sadang, Karangsambung dan Alian. Sayangnya, hingga kini, sebagian dari bencana longsor itu belum tertangani .

    Seperti di Desa Sadangwetan Kecamatan Sadang persisnya di Dukuh Tungku. Sebuah batu longsor menimpa jalan pada Sabtu akhir pekan kemarin (2/4/2016). Hingga berita ini diturunkan, Selasa (5/4/2016), batu berukuran sekitar panjang 9 x 6 meter tersebut masih belum dievakuasi dan masih menutup akses jalan utama. Akibatnya, aktivitas warga terganggu. Sebagian warga yang akan menuju Kantor Desa tersebut kini harus memutar sejauh 5 Km.

    Kades Sadangwetan, Eko Hadi Saputro dihubungi Selasa sore (5/4) mengatakan, pihaknya sudah berupaya berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyingkirkan batu berukuran sebesar rumah tersebut. Namun, dari informasi yang diterimanya, batu tersebut tak bisa disingkirkan dengan alat berat. Namun, harus menggunakan peledak. Eko berharap, segera ada penanganan dari dinas instansi terkait, mengingat jalur tersebut merupakan jalur utama bagi warganya untuk beraktivitas.

    Apalagi, sekitar 1 km dari lokasi terdapat titik yang juga rawan longsor. "Besok (hari ini (6/4),red) kami akan berkoordinasi kembali dengan BPBD Kabupaten Kebumen," ujar Eko.

    Di Kecamatan Karangsambung, longsor membuat jalan kabupaten persisnya di Dukuh Kalikemong Desa Kalisono terancam putus akibat badan jalan tergerus. Meski sudah terjadi sejak empat hari terakhir, belum ada tindakan dari dinas instansi terkait. Untuk sementara, polisi memasang garis polisi di lokasi sebagai penanda agar warga dan pengguna jalan berhati-hati saat melintas jalur tersebut.

    Longsor juga terjadi di Desa Kaligending Kecamatan Karangsambung. Longsor tebing mengancam pemukiman penduduk yang berada di atasnya. Sementara, di Krakal Kecamatan Alian, sebuah jalan desa terbuat dari rabat beton longsor.  Longsor juga mengakibatkan sebuah rumah di Dusun Dakah RT 02 RW 06 Desa/Kecamatan Karangsambung rusak. Beruntung, pemilik rumah, Mangin lolos dari maut meski tembok rumahnya jebol diterjang longsoran tebing yang berada tak jauh dari rumahnya. Atas bantuan anggota Koramil Karangsambung, rumah Mangin sudah diperbaiki.

    Selain longsor, warga yang melintas di jalur tersebut juga mesti mewaspadai pohon tumbang. Seperti yang terjadi di Desa Seling Kecamatan Karangsambung pada Sabtu (2/4) kemarin. Saat itu, sebuah pohon besar tumbang tepat melintang di jalan raya serta menutup akses jalur Kebumen-Karangsambung. Beruntung, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen dan Koramil Karangsambung bertindak cepat dengan menyingkirkan pohon sehingga jalur bisa kembali dilewati. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top