• Berita Terkini

    Tuesday, April 5, 2016

    Jelang Musda, Bursa Calon Ketua PAN Menghangat

    Adib Mutaqim/foto IMAM/ESKPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sejumlah nama kandidat yang akan menggantikan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kebumen Barli Halim telah bermunculan. Ini menyusul tampuk kepemimpinan Barli Halim selama dua priode ini sudah memasuki masa purna tugas.

    Proses penggantian ketua partai tersebut dilaksanaan pada Musyawarah Daerah (Musda) yang merupakan forum tertinggi dalam pengambilan keputusan partai di tingkat daerah. Sebelum Musda dilaksanakan terlebih dahulu akan diawali dengan kegiatan rapat kerja (Raker) yang akan dilaksanakan pada Sabtu (9/4/2016) mendatang. Raker dilanjutkan dengan pembentukan formatur sebanyak empat orang sesuai hasil kesepakatan Kongres di Bali.

    Adapun beberapa nama yang telah muncul diantaranya, Suhartono, Bagus Setiyawan, Gito Prasetyo dan Kurniawan. Bahkan tidak menutup kemungkinan beberapa nama lain masih akan muncul, mengingat Musda masih akan dilaksanakan sekitar satu bulan mendatang.

    Ketua Panitia Raker DPD PAN Kebumen Adib Mutaqim mengatakan, Musda rencananya akan dihadiri oleh Wakil Ketua Umum DPP PAN Taufik Kurniawan yang juga Wakil Ketua DPR RI dan dan pembina daerah pemilihan (Dapil) VII yang meliputi Kebumen, Banjarnegara, dan Purbalingga serta dihadiri Ketua DPW PAN Jateng wahyu Kristanto dan Bupati Yahya Fuad.

    Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Kabupaten Kebumen Gito Prasetyo mengatakan, penetapan formatur serta pelaksanaan Musda rencananya akan digelar pada tanggal 1 Mei mendatang. Semua itu merupakan rangkaian mekanisme dalam penentuan calon ketua. Musda juga akan diikuti oleh DPW, DPD, DPC dan DPRT. Selain itu baik Musda maupun raker juga telah dibentuk panitia masing-masing. "Dalam momentum Musda nanti, kami ingin menunjukkan kepada masyarakat tentang proses kematangan berdemokrasi di partai politik," kata Gito sembari mengatakan, Musda kali ini bertemakan "Politik Tanpa Gaduh".

    Gito Prasetyo yang juga panitia penjaringan dan pendaftaran formatur itu mengemukakan, Musda PAN ke-4 kali ini sekaligus momentum untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap partai politik di tengah-tengah isu deparpolitisasi. Sehingga, Musda PAN nanti pun mengedepankan musyawarah mufakat yang arahnya memilih ketua secara aklamasi. "Musda PAN ini dilaksanakan di seluruh kota/kabupaten pada April dan paling lambat Mei," imbuhnya, Selasa (5/4/2016).

    Tahapan yang dimulai dari Rakerda itu untuk membuat program kerja serta menentukan waktu pelaksanaan Musda. Selanjutnya dilakukan penjaringan, pendaftaran, dan penetapan formatur. Dan Musda memilih ketua formatur sekaligus menjadi ketua DPD.  Masing-masing tahapan itu pun terdapat panitia. Dan saat Musda, peserta bisa menyerahkan kepada formatur  untuk menentukan ketuanya. Peserta yang memiliki hak suara itu dari DPD yang meliputi ketua, sekretaris, dan bendahara, DPC ketua dan sekretaris serta DPRT yang hanya ketua saja. "Di daerah, kita mengawal pembangunan pemerintah Kebumen. Dengan harapan kebijakan pemerintah berpihak kepada masyarakat," terang Gito.(mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top