• Berita Terkini

    Monday, April 18, 2016

    Jambore Trabas Diikuti Ratusan Peserta

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Ratusan Pecinta Alam (PA) bertanding dalam berbagai jenis perlombaan cinta alam bertajuk Jambore Trabas yang digelar Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Trabas STIE Putra Bangsa Kebumen. Berbagai jenis pertandingan yang digelar diantaranya Single Rope Technique (SRT), panjat tebing, caving, survival dan sejumlah jenis lomba lainnya.

    Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu(16-17/4/2016 di lokasi goa Cocor Desa Sikayu Kecamatan Buayan Kebumen tersebut berlangsung cukup meriah. Pasalnya tak hanya peserta, ratusan warga sekitar juga beramai-ramai menyaksikan perlombaan demi perlombaan yang digelar.

    Ketua panitia kegiatan jambore trabas, Kamal Zulfikar Raharjo berujar bahwa berbagai jenis lomba yang digelar selama kegiatan Jambore Trabas memperebutkan trofi Ketua STIE Putra Bangsa Kebumen.

    Selain trofi, bagi para pemenang juga disediakan hadiah oleh panitia. Disampaikannya pula, kegiatan Jambore Trabas yang digelar sebenarnya merupakan kegiatan rutin tahunan. Tujuannya sendiri untuk mempererat tali silaturahmi antar pecinta alam sekaligus menguji pengetahuan para generasi pecinta alam di Kebumen.


    Khusus untuk lomba SRT, mungkin ini merupakan lomba SRT yang pertama kalinya digelar di Jawa Tengah. Karena sampai saat ini belum pernah digelar lomba SRT baik tingkat kabupaten maupun provinsi. Sebab untuk menggelar lomba SRT memang dibutuhkan berbagai kelengkapan khusus.  "Melalui kegiatan seperti ini, kita juga ingin mengenalkan kepada peserta sejumlah potensi alam yang ada di Kebumen . Misalnya saja sejumlah goa dan mata air bawah tanah dikawasan karts kecamatan Buayan,"tuturnya.

    Ketua STIE Putra Bangsa Kebumen Gunarso Wiwoho SE MM menambahkan, kegiatan jambore Trabas merupakan salah satu upaya kampus dalam membina mahasiswa dan para pecinta alam di Kebumen.

    Dengan adanya pembinaan-pembinaan seperti itu, diharapkan agar mereka lebih mencintai lingkungan atau alam yang ada di Kebumen khususnya. Sesuai dengan bidang pendidikan di STIE Putra Bangsa yang berbasis ekonomi, Gunarso juga ingin mendorong peningkatan ekonomi melalui potensi-potensi alam yang ada di Kebumen. "Kita berharap kegiatan pembinaan seperti yang digelar pada jambore. Trabas juga bisa digelar oleh semua kalangan, baik itu pihak instansi pendidikan maupun swasta,"jelas Gunarso.(mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top