• Berita Terkini

    Monday, January 18, 2016

    Dewi Kano Siapkan Lomba Makan Durian

    agung/ekspres
    PURWOREJO--Penasaran dengan rasa durian Kaligesing, sebaiknya jangan melewatkan salah satu agenda besar yang akan diadakan Desa Wisata Kaligono (Dewi Kano) Kecamatan Kaligesing pada Minggu (31/1) mendatang di sekitar Kantor Desa setempat.

    Ya, pengelola desa wisata akan menyiapkan ratusan durian dengan rasa super untuk dihabiskan peserta. Dia yang paling banyak melahap durian akan dinobatkan sebagai pemenang dan berhak membawa pulang hadiah utama.

    Kepala Desa Kaligono, Suroto mengatakan lomba yang dikemas dalam kegiatan Grebeg Durian Desa Wisata Kaligono itu terbuka untuk umum dan tidak dibatasi pesertanya. "Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa jadi peserta, yaitu harus berusia dewasa, sehat dan membayar biaya pendaftaran," ujar Suroto, Senin (18/1).

    Dijelaskan, Grebeg Durian Dewi Kano digelar sebagai bentuk promosi produk pertanian ungguan yang ada di desa yakni durian. Seperti diketahui tiga bulan terakhir ini, durian Kaligesing telah memasuki masa panen. "Durian yang akan bahan lomba adalah durian super yang memiliki tingkat kepahitan tinggi. Durian seperti banyak ditemui di Kaligono. Dari 11 pedukuhan yang ada, durian bisa berkembang baik," tambahnya.

    Ditambahkannya, melalui kegiatan itu dimaksukan pula untuk mendekatkan wisatawan dengan petani di desa Kaligono sehingga akan memudahkan transaksi langsung antara peminat durian dengan petani. "Komunikasi yang dilakukan secara langsung tanpa perantara akan bisa memuaskan kedua belah pihak," kata Suroto seraya mengatakan tempat pendaftaran di balai desa Kaligono.

    Lebih jauh dikatakan, dalam grebeg durian juga akan digelar bazar durian Kaligesing yang diikuti beberapa desa di sekitar Kaligono. "Kami harap kegiatan itu bisa dirawuhi (didatangi-red) Pak Gubernur, itu harapan besar besar seluruh warga Kaligono," pungkas Suroto. (baj)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top