• Berita Terkini

    Sabtu, 06 April 2024

    Pengurus Bank Sampah Bina Karya Dapat THR Dari Pegadaian

     

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres

    KEBUMEN - Rasa bahagaia diungkapkan dari para kaum ibu-ibu anggota Bank Sampah. Bagaimana tidak mereka yang biasa bekerja memilah sampah daur ulang menjelang lebaran ini mendapatkan paket THR Parsel dari Pagadaian, Kamis (04/4/2024).

    Pemberian paket bingkisan lebaran itu lantaran Bank Sampah Bina Karya Desa Benerwetan Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen telah menjadi binaan dari PT Pegadaian, dimana bank sampah ini sudah bisa mengolah sampah dan ditukar hingga menjadi emas.

    Hadir dalam acara itu, Deputi Bisnis Pegadaian Area Purwokerto, Tumiyem, Pimpinan Cabang Pegadaian Kebumen, Dwi Pamangsah Utomo, Kepala Desa Benerwetan, Tasino dan segenap pengurus Bank Sampah Bina Karya.

    Deputi Bisnis Pegadaian Area Purwokerto, Tumiyem, mengatakan pemberian paket bingkisan lebaran ini merupakan wujud dari kepedulian PT Pegadaian kepada anggota bank sampah di seluruh indonesia melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). 

    “Pembagian hampers lebaran ini dilakukan serentak seluruh anggota Bank Sampah binaan PT Pegadaian di seluruh Indonesia, dimana para bank sampah ini menukarkan hasil penjualan sampah daur ulang menjadi tabungan emas,” kata Tumiyem.

    Tumiyem berharap, dengan masyarakat menjadi anggota Bank Sampah, mereka bisa mulai memilah sampah, dimana sampah daur ulang akan dikumpulkan dan ditabung menjadi tabungan emas.

    “Program sampah yang diubah menjadi tabungan emas ini diharapkan bisa mengemaskan indonesia, selain lingkungan menjadi bersih, masyarakt juga dapat meningkatkan nilai investasi juga bisa membantu kesejahtraaan untuk peningkatan perekonomian,” katanya.

    Pimpinan Cabang Pegadaian Kebumen, Dwi Pamangsah Utomo, mengatakan saat ini baru ada dua Bank Sampah di Kabupaten Kebumen dibawah binaan PT Pegadaian.

    Baru ada dua di Kebumen, yakni Bank Sampah Bina Karya di Desa Bener Wetan Kecamatan Ambal dan Bank Sampah Bedjo Lestari Desa Kuwarisan Kecamatan Kutowinangun.

    “Hari ini kita berikan paket bingkisan lebaran untuk dua Bank Sampah binaan PT Pegadaian yakni di Desa Benerwetan Kecamatan Ambal dan Desa Kuwarisan Kecamatan Kutowinangun,” kata Dwi

    Ia menjelaskan dengan dibawah binaan PT Pegadaian dengan program mengolah sampah menjadi emas ini diharapkan juga mendukung program kebersihan lingkungan, terlebih saat ini Pemerintah Kabupaten Kebumen baru mendapatkan penghargaan Adipura yang selama puluhan tahun baru tercapai.

    “Selain turut serta dalam mempertahankan penghargaan Adipura dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan memilah sampah menjadi emas, program ini diharapkan bisa menambah penghasilan masyarakat dari segi tabungan emas, jika semakin banyak tabungannya maka kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat,” katanya.

    Dalam hari yang sama, penyerahan paket bingkisan lebaran juga diserahkan kepada anggota Bank Sampah Bedjo Lestari Desa Kuwarisan Kecamatan Kutowiangun Kabupaten Kebumen. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top