• Berita Terkini

    Jumat, 05 April 2024

    Kemungkinan Besar, Lebaran Bersamaan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal tahun 1445 /2024, kemungkinan besar akan jatuh pada hari yang sama yakni, Rabu (10/4). Artinya kemungkinan besar tidak ada perbedaan dalam penetapan tanggal 1 Syawal.

    Hal ini disampaikan oleh Ketua PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar. Menurutnya kenapa bisa bareng, sebab berdasarkan data astronomi atau hisab dimana pada, Selasa (9/4) saat  mata hari terbenam, tinggi bulan sabit (hilal) sudah mencapai 6 derajat di atas ufuk.

    "Karena sudah mencapai 6 derajat sehingga kemungkinan besar tidak ada perbedaan dalam menentukan 1 Syawal," tuturnya.

    KH Dawam juga menyampaikan  bagi masyarakat yang ingin menyaksikan  pelaksanaan Rukyatul Hilal silahkan datang ke  pusat pemantauan Hilal Kebumen. Yakni di Pantai Pedalen Kecamatan Ayah. 

    Ini akan dilaksanakan pada, Selasa (9/4). Biasanya dihadiri oleh petugas pemantau hilal yang terdiri dari unsur  Kemenag, Pemkab daN pengadilan agama.

    Pihaknya juga menyampaikan jika ada perbedaan pada awal puasa atau 1 Syawal itu adalah hal lumrah. Hal ini jangan dijadikan sebagai pemantik perpecahan antar warga khususnya umat muslim. Apalagi bila disangkutpautkan ke dalam konteks politik. 

    Dijelaskannya, penetapan awal puasa  atau 1 Syawal murni karena prinsip dan keyakinan setiap organisasi atau kelompok masyarakat. Bukan terpengaruh arah pandangan politik.  "Perbedaan awal puasa atau 1 Syawal juga didasari pada perbedaan metodologi perhitungan, yakni antara hisab dan rukyatul hilal," ucapnya.


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top