• Berita Terkini

    Selasa, 06 Desember 2022

    Besok, Pedagang Pasar Pagi Tumenggungan Kebumen Boyongan ke Stanplat Colt


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Rencana pemindahan Pasar Pagi Tumenggungan ke ke Stanplat Colt, Senin (5/12) diundur. Jika tidak ada perubahan lagi, para pedagang bakal boyongan ke stanplat besok pagi, Rabu (7/12/2022)


    Kepala Disperindag UMKM Kebumen, Frans Haidar saat dikonfirmasi awak media mengatakan, pemindahan belum dapat dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2022 karena menunggu standplat colt benar-benar siap dihuni pedagang. "Tanggal 7, jadinya tanggal 7," katanya via pesan singkat.


    Senada, Kepala UPTD Pasar II Mulyadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan agar nantinya pemindahan para pedagang benar-benar matang. Saat ini, pihaknya tengah melakukan penataan ulang lapak pedagang.  Salah satu prioritasnya, membenahi lapak di standplat yang sempat dikeluhkan pedagang karena terlalu sempit


    Agar maksimal, pihaknya bahkan menerjunkan tenaga khusus untuk mengukur dan menyiapkan ulang lapak . "Ini sedang proses penataan, ini teman-teman masih lembur di lapangan Mas," katanya kepada media via sambungan telepon, Senin (5/12) malam


    Watini (56) salah satu penjual pisang mengatakan, beberapa pedagang pasar pagi sempat mengadu kepada Bupati pada Minggu (4/12) dikarenakan pembagian lapak dengan batas garis yang dibuat oleh petugas pasar sangat sempit. 


    Dengan lapak luas sekitar 1 meter x 1,5 meter itu dinilai sangat sempit. "Iya lapaknya sangat sempit hanya sekitar satu meter, buat duduk saja sudah tinggal separo apa lagi mau menggelar dagangan ya nggak muat mas, akhirnya kemarin siang pedagang pada ngadu lagi ke Pak Bupati untuk minta solusi," katanya kepada awak media, Senin (5/12) pagi.


    Di bagian lain, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengatakan, pemindahan Pasar Pagi Kebumen dipastikan akan pindah pada tanggal 7 Desember 2022. Hal itu merupakan sesuai target awal persiapan pemindahan pasar pagi. "Bukan diundur, tapi sesuai rencana pindah tanggal 7 Desember 2022," katanya.


    Terlepas dari itu, Bupati menjelaskan pindahnya pasar pagi merupakan salah satu konsep penataan kota Kebumen yang terintegrasi. Pemerintah Kabupaten Kebumen akan menata sistem dagang pasar pagi, agar tidak terjadi kesenjangan dagang, serta penataan angara besar dan pedagang kampung akan dikelompokan.

    "Konsep pasar pagi kedepan menjadi pasar induk, pindahan pasar pagi ini tidak perlu biaya, kami pastikan tidak ada jual beli  lapak, bagaimana pedagang bisa memiliki tempat semua harus tercatat dahulu dan mendaftar dulu, dengan ini diharapkan pasar pagi terintegrasi, dan dipastikan selama 1 minggu pedagang tidak dipungut biaya alias gratis," katanya.

      Selain itu, Bupati menegaskan terkait premanisme dan pungli pihaknya akan menindak tegas. Bupati berharap dengan tertatanya pedagang dan sistem yang terintegrasi diharapkan pedagang dan pengunjung pasar juga menjaga kebersihan pasar. "Premanisme dan pungli akan kita ditindak tegas, kalau masih ada kita sikat," ujarnya.

    Terpisah, Soderi (38) salah satu pedagang Stanplat Colt Kebumen mengatakan, kabar pasar pagi akan pindah di stanplat colt baginya merupakan kabar gembira. Bahkan dirinya rela sebagai bangku jualannya harus bergeser untuk lapak pedagang pasar pagi.


    "Alhamdulilah banget mas, malah senang bisa jadi rame, meski batasnya sampai etalase saya tapi nggak papa, sitik ewang rejeki sudah ada yang atur," katanya kepada wartawan di lokasi. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top