• Berita Terkini

    Kamis, 04 Agustus 2022

    Jaring Pesepakbola Potensial, Ebod Jaya Gelar Festival Usia Dini


    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Persatuan Sepak Bola (PS) Ebod Jaya menggelar Pertandingan Festival Kemerdekaan, untuk menyambut HUT RI ke 77. Pertandingan diikuti oleh 37 team SD dan MI se Kecamatan Buluspesantren. 


    Pertandingan sendiri digelar di Homebase PS Ebod Jaya Lapangan Stanadawa Desa Brecong Buluspesantren, Kamis (4/8/2022). Dimana pertandingan ini juga untuk menggali potensi Pemain Sepak Bola usia muda di Kecamatan Buluspesantren. 


    Ketua Panitia Pelaksana Festival Kemerdekaan PS Ebod Jaya  Anjar Prasetya menuturkan pertandingan sepak bola yang digelar dengan nama Festival Kemerdekaan ini bekerjasama dengan Kecamatan dan juga Korwil Disdik Buluspesantren. Pertandingan diikuti oleh 37 team sepakbola SD dan juga MI dengan jumlah pemain sekitar 450 siswa, dengan usia 8-12 tahun. 


    Dikatakan, untuk sistem pertandingan menggunakan sistem gugur dengan durasi permainan 2 kali 10 menit di babak penyisihan dan 2 kali 15 menit di babak semifinal. Pertandingan sendiri mengadopsi sistem mini soccer, dan luas Lapangan disesuaikan, mengingat usia pemain antara 8-12 tahun. 

    Sedangkan untuk pelaksanaan pertandingan rencananya berlangsung selama 3 hari, yakni Kamis, Jumat dan pertandingan final diselengarakan pada Hari Minggu 7 Agustus 2022.


    “Sistem pertandingan kita menggunakan sistem gugur dan durasi waktu kita ada 2 kali 10 menit di babak pendahuluan atau penyisihan,” paparnya.

    Menurutnya, tujuan utama pertandingan sepak bola ini adalah untuk Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77, serta menggali potensi pemain muda di wilayah Kecamatan Buluspesantren. Disamping itu, juga untuk menjaring atlet muda sepakbola, untuk memperkuat squad Ebod Jaya kedepannya. 


    Anjar menegaskan, nantinya pemain bola yang terpilih akan disiapkan di masing-masing kelompok usia, yang nantinya akan dibina dan dilatih di Akademi Ebod Jaya, agar mereka menjadi pemain bola profesional. Pihaknya juga telah menyediakan trofi dan penghargaan serta Piagam dari Kecamatan untuk para pemain. 

    “Harapannya khususnya di  Wilayah Buluspesantren umumnya di wilayah Kebumen semakin tergerak untuk membina kelompok sejak dini, sehingga di Kebumen stock pemain sepakbola melimpah dan berkelanjutan,” jelasnya.


    Salah seorang pelatih dari SD Negeri 1 Bocor mengatakan menyambut baik dengan adanya pertandingan Festival Kemerdekaan tersebut. Menurutnya dengan pertandingan ini dapat memantik semangat para siswa, untuk menggali potensi dalam permainan sepakbola di Kebumen. 


    Untuk pertandingan ini, pihaknya mengaku membawa sembilan  pemain dimana  tujuh diantaranya merupakan pemain inti dan dua  menjadi pemain cadangan. Sedangkan untuk persiapan pertandingan, salah satunya dengan berlatih dan memberikan motivasi kepada para siswa yang turut bertanding. 

    “Sebagian anak sudah ada yang masuk Akademi Ebod Jaya. Harapannya nanti pemain mungkin ada pemain yang turut terjaring di Akademi Ebod Jaya ini dalam kompetisi ini,” katanya.


    Sementara itu salah seorang pemain Reihan Pandu Mauluda (11) mengaku senang dalam mengikuti kompetisi yang diselengarakan oleh Ebod Jaya. Ia juga mengaku telah mempersiapkan dengan berlatih keras untuk menghadapi pertandingan Festival Kemerdekaan. 

    Hal senada juga dikatakan oleh Muhammad Yusron Alimuddin dari team SDN Ayamputih yang juga menginginkan bisa terjaring dalam Akademi Ebod Jaya. “Kalau latihan di bale desa, sama teman-teman dan optimis menang dalam pertandingan ini,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top