• Berita Terkini

    Rabu, 06 Juli 2022

    153 Peserta Mengikuti Orientasi Pandu HW 2022


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) -Sebanyak 153 peserta yang merupakan Guru PAUD Aisyiyah Kebumen mengikuti Orientasi Pandu  Hizbul Wathan (HW).  Kegiatan yang dilaksanakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) tersebut dipusatkan di TK Aisyiyah 2 Kebumen, Selasa-Rabu (5-6/7/2022).


    Dalam kegiatan tersebut para peserta melaksanakan beragam kegiatan. Ini mulai dari pemahanan Kemuhammadiyahan, Kehizbul Wathanan, Keaisyiyahan, ibadah praktis, outbond dan ibadah praktis.


    Ketua Majelis Didasmen Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kebumen  Endah  Setyaningsih menyampaikan peserta merupakan Guru PAUD Aisyiyah Kebumen. Ini terdiri dari Guru Taman Kanank-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB) dan Tempat Pengasuhan Anak (TPA) Perwakilan Pengurus Cabang Aisyiyah (PCA) Kebumen. “Dari jumlah tersebut peserta dibagi menjadi 10 kelompok,” tuturnya, Rabu (6/7).


    Disampaikannya kegiatan juga dimaksudkan untuk membumikan Kepanduan HW di PAUD. Sehingga sejak usia dini, para siswa telah mengenal Kepanduan HW.  Pengenalan dilaksanakan dengan kegiatan yang menyehatkan dan menyenangkan. “Tujuannya yakni keimanan, keilmuan, amal dan tumbuhnya jiwa nasionalisme,” katanya, yang juga merupakan Ketua Panitia Orientasi Pandu HW itu.


    Orientasi, lanjutnya, dilaksanakan dengan mengundang beberapa pemateri. Ini mulai pemateri dari Kwartir Wilayah Jawa Tengah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan para alumni Pandu HW. “Nantinya ada kurikulum khusus Pandu HW yang disampaikan oleh Guru PAUD Aisyiyah kepada para siswanya,” jelasnya.

    Pihaknya menambahkan, secara nasional, Jawa Tengah merupakan yang pertama kali melaksanakan kegiatan Orientasi Pandu HW. Selanjutnya kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara nasional. 


    Sekdar Informasi, mengutip dari berbagai sumber, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan merupakan organisasi otonom di lingkungan Muhammadiyah yang khusus dalam bidang kepanduan. Sedangkan Pandu HW merupakan anggota Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. Ini didirikan oleh KH Ahmad Dahlan. Semula diberi nama “Padvinder Muhammadiyah” dan selang dua tahun diganti dengan nama Hizbul Wathan.


    Secara umum Pandu HW mirip dengan Pramuka yakni gerakan kepanduan yang tujuannya sama-sama mendidik anak bangsa. Namun demikian Kepanduan HW lebih menekankan kepada Kepanduan Islami, dengan menerapkan Akidah Islam dalam setiap aspek kegiatan kepanduan. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top