• Berita Terkini

    Jumat, 17 Juni 2022

    Kenduri Massal dengan Ubarampe 10.009 Besek Sambut Gelaran KIE 2022


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pelaksanaan hajat besar Kebumen International Expo (KIE) tahun 2022 di depan mata. Sejumlah persiapan terus dilakukan. Salah satu yang menarik, Pemerintah Kabupaten Kebumen  Jumat pagi (17/6/2022) menggelar kenduri massal


    Camat Kebumen, lurah dan kades beserta seluruh perangkatnya, termasuk para ketua RT/RW di lingkup Kecamatan se Kabupaten Kebumen ikut dalam kegiatan yang digelar di Pendopo Kabumian tersebut. Di saat bersamaan, tiap kecamatan di Kebumen juga menggelar kegiatan yang sama di wilayah masing-masing.


    Para peserta tak datang dengan tangan kosong. Mereka juga membawa besek berisi makanan nasi, sayur urap telur tempe/tahu rampeyek dan buah lokal. Tak kurang dari 10.009 besek dibawa kemarin.

    "Alhamdulillah hari ini sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita masyarakat Kebumen, sehingga kenduri ini diadakan. Setidaknya ada 10.009 besek yang didatangkan masyarakat untuk dimakan bersama," ujar Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto.


    Menurut Bupati, yang terpenting di sini adalah kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat Kebumen yang dikenal sangat kuat dan toleran. Melalui kenduri besek massal ini yang disertai dengan tahlil dan doa bersama diharapkan bisa mewujudkan Kebumen yang lebih sejahtera.


    "Karena apa? Kesejahteraan tidak mungkin terwujud kalau masyarakatnya pecah belah. Harus bersatu. Alhamdulillah Kebumen masyarakatnya guyub rukun, penuh kebersamaan, kekompakan sehingga pembangunan bisa berjalan lancar," terang Bupati


    Terlebih kata Bupati, Kebumen bakal mengadakan KIE, sebuah event terbesar yang belum pernah ada di Kebumen. Gelaran ini bakal menampilkan berbagai produk UMKM, kemudian pertunjukan seni dan budaya, termasuk mendatangkan artis-artis papan atas untuk konser bersama.

    "Dengan pembacaan tahlil dan doa bersama ini, kita sama-sama meminta kepada Allah Yang Maha Kuasa agar KIE bisa berjalan dengan lancar dan bisa memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

    Adanya kenduri besekan massal ini kata Bupati, juga sudah terlihat bagaimana kegiatan ini bisa menjadi berkah untuk para pengrajin besek. Hasil karya mereka bisa terjual habis dibeli masyarakat. Menurut Bupati ini merupakan kearifan lokal yang harus tetap dijaga.

     "Besek ini kearifan lokal, terbuat dari bambu, mudah dibuat, harganya murah dan ramah lingkungan. Nah kegiatan semacam ini harus tetap dijaga dan dilestarikan karena bisa menggerakan perekonomian, dan alhamdulillah masyarakat antusias mengikuti kegiatan ini," tandasnya.


    Seperti diberitakan, KIE akan berlangsung di alun-alun Kebumen pada 25 Juni sampai 2 Juli 2022. KIE disebut menjadi kegiatan terbesar yang belum pernah ada di Kebumen. Event ini akan banyak sekali menampilkan pertunjukan atau festival karya seni dan kebudayaan, dari berbagai unsur masyarakat, termasuk dari UMKM dan lomba untuk sejumlah kategori.


    KIE sudah bisa dimulai sejak pagi hari pukul 08.00 WIB sampai malam hari dengan rangkaian kegiatan yang tak terputus. Puncaknya adalah konser musik yang akan diisi oleh artis-artis papan atas dari Ibu Kota pada malam hari pukul 20.00 WIB sampai dengan selesai.

    Artis-artis papan atas yang dipastikan hadir untuk memeriahkan acara ini, yakni Kerispatih, D'masiv, Padi, Kotak, Gigi, Shalawatan Gus Azmi, Rhoma Irama, Iwan Fals, dan pelantun lagu Isabela, dari Malaysia Amy Search (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top