• Berita Terkini

    Selasa, 29 Maret 2022

    LPM UPB Kebumen Gelar Pelatihan Penulisan Buku Referensi


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Universitas Putra Bangsa (UPB) Kebumen terus berupaya meningkatkan mutu dan layanan pendidikan dengan banyak kegiatan. Terbaru, UPB Kebumen menggelar Pelatihan pembuatan Buku referensi secara online,  Sabtu (26/3/2022).


    Kegiatan yang diselenggarakan  Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UPB  menghadirkan Koordinator bidang penerbitan dari UGM Press Yogyakarta Didi Junaedi SS. 


    Hadir kemarin, Rektor Universitas Putra Bangsa Dr Gunarso Wiwoho SE MM, Kepala LPM Hendrawan Prasetyo SSos MSi, dan seluruh dosen Universitas Putra Bangsa sebagai peserta pelatihan. 


    Rektor Universitas Putra Bangsa Gunarso Wiwoho, menyampaikan kegiatan kemarin menjadi salah satu terobosan untuk mendorong dosen melakukan penelitian dan menghasilkan karya ilmiah ataupun buku referensi.


    "Kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup berharga untuk mendapatkan informasi tentang pembuatan buku referensi. Harapan kami nanti akan lahir banyak buku referensi dari Bapak/Ibu dosen UPB yang dapat dikonsumsi oleh mahasiswa maupun masyarakat umum," ujar Gunarso.


    Sementara itu, narasumber Didi Junaedi menyampaikan, sebuah buku referensi sebenarnya dapat dibuat berdasarkan hasil penelitian. Hanya, perlu dikemas ke dalam bahasa yang menarik sesuai kaidah buku referensi. Ini agar mudah dipahami dan dinikmati tidak hanya dilingkungan kampus, tetapi juga khalayak umum.


    Dalam prosesnya, nanti akan menjadi sebuah buku referensi, meski tentu saja akan melalui berbagai tahapan sebelum buku siap untuk dicetak dan dipasarkan.


    "Sebelum buku referensi dicetak dan dipasarkan harus melalui berbagai tahapan. Diantaranya ialah Desk Screening, Review dimana di dalamnya memuat pengecekan plagiarisme," papar Didi.


    Kegiatan pelatihan yang mengambil tema “Peningkatan Kualitas Dosen melalui Pembuatan Buku Referensi” itu diakhiri dengan sesi tanya jawab. Antusiasme dosen/peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan cukup tinggi terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta (DR/*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top