• Berita Terkini

    Selasa, 19 Mei 2020

    Bantu Warga Terdampak Corona, KTNA Serahkan Bantuan Sembako

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Berbagai kegiatan sosial dilaksanakan di tengah pendemi corona. Semua dilakukan dengan misi kemanusian yakni berbagi dan peduli dengan sesama untuk saling menjaga di tengah pandemi corona.

    Ini pula yang dilaksanakan oleh Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Kebumen. Pihaknya menyerahkan bantuan  sembako berupa beras dan telur kepada dapur umum Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, (Selasa 19/5/2020). Bantuan beras sebanyak 758 kilogram dan telur 50 kilogram tersebut berasal dari jimpitan para anggota KTNA Kebumen.

    Penyerahan bantuan oleh Ketua KTNA Kabupaten Kebumen Ir Nani Sumaryati didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Ir H Tri Haryono yang juga Pembina KTNA Kabupaten Kebumen. Hadir juga Sekdin dan Koordinator Jabfung Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen Purnowati.
    Ketua KTNA Kebumen Ir Nani Sumaryati dalam kesempatan tersebut menyampaika bantuan berasal dari jimpitan para petani ,Kelompok Tani, Gapoktan dan simpatisan yang peduli dengan kondisi masyarakat akibat Pandemik Covid 19.

    “Perlu diketahui bahwa Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) adalah Kontak Tani Nelayan yang diandalkan dan dipilih untuk mewakili Aspirasi Petani Nelayan dari tingkat Desa/Kelurahan sampai tingkat Nasional yang diputuskan dalam Rembug Paripurna. Adapun pengukuhan juga oleh Pejabat Pemerintah yang berwenang sesuai tingkatannya. Kelompok KTNA sebagai organisasi profesi yang bersifat social ekonomi sebagai Kelembagaan Petani Nelayan yang tumbuh dari bawah dan bersifat Independen,” tuturnya.

    Dijelaskanya KTNA didirikan 12 September 1971 di Cihea Jawa Barat dan diformalkan pada Rapat Paripurna di Cipanas 5 Juni 2000. Setelah itu dilegalkan dengan akta Notaris tanggal 25 Agustus 2006. Tujuannnya untuk mengembangkan Profwsionalime petani nelayan, membangun rasa tanggungjawab , kesetiakawanan dan keadilan social. Selain itu ikut mengentaskan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan dan membangun watak petani nelayan yang beretos kerja, berdisiplin, produktif, berkualitas, hemat dan mandiri serta berperilaku mulia dalam kehidupan.

    Bantuan yang diberikan, lanjutnya, merupakan hasil jimpitan para petani, kelompok tani, Gapoktan serta simpatisan dan tidak ketinggalan dari unsur Dinas Pertanian daqn Pangan Kabupaten Kebumen juga ikut berpartisipasi. Mewabahnya Virus Covid 19 berdampak nyata di semua  elemen masyarakat. Adanya kepedulian bersama menjadi sangat penting dimana masyarakat harus saling bantu membantu dan saling mengingatkan . “Hasil Donasi ada yang berupa Uang,beras dan telur dan Alhamdulillah bisa memberikan sejumlah 758 kg beras jimpitan dan 50 kg telur ayam dan sebagian uang ditransfer ke KTNA Provinsi Jawa Tengah,” paparnya.

    Adanya kepedulian tersebut diharapkan masyarakat yang mampu dapat berkiprah nyata dalam membantu masyarakat yang berdampak pandemic Covid-19. Ini sesuai arahan Gubernur Jawa Tengah lewat Program “Jogo Tonggo”.  (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top