BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Rabu, 31 Juli 2019

    Bupati Bastian Minta BPD Kawal Program Masyarakat

    PURWOREJO- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) diminta benar-benar mengawasi seluruh program yang dibuat untuk masyarakat desa. BPD yang kuat akan mampu memberikan senergitas yang baik dengan kepala desa.


    Hal itu disampaikan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, saat membuka bimbingan teknis (bintek) peningkatan kapasitas BPD se Kabupaten Purworejo di Pendopo Kecamatan Purworejo, Rabu (31/7/2019).


    “BPD harus mengawasi seluruh program yang dibuat unutuk masyarak. Apalagi desa merupakan ujung tombak dari pemerintahan daerah. Kalau desa maju, maka daerah akan semakin kuat. Ini semua memerlukan kebersamaan, ” kata Bupati.

    Lebih jauh Bupati mengatakan, dengan diadakannya bintek diharapkan dapat meningkatkan kapasitas anggota BPD agar dapat melaksanakan tupoksinya secara optimal.


    “Saya ingin setiap sebulan atau dua bulan sekali bertemu dengan BPD di masing-masing kecamatan. Sehingga saya bisa tahu lebih detail tentang permasalahan atau persoalan yang dihadapi di desa,” imbuhnya.


    Kepala Dinpermasdes Kabupaten Purworejo Agus Ari Setiyadi S Sos menjelaskan bahwa bintek bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anggota BPD se Kabupaten Purworejo tentang gambaran umum tugas pokok dan fungsi (tupoksi) anggota BPD.
    Selain itu juga untuk memberikan pemahaman aturan serta tata cara terkait dengan produk hukum desa dan pengawasan pemerintah desa.

    Bintek akan dilaksanakan secara bergantian menjadi lima angkatan dalam lima hari secara bertahap.
    Peserta merupakan dua anggota BPD, yakni bidang penyelenggaraan pemerintah desa dan pembinaan kemasyarakatan serta bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.


    “Pada bintek, Rabu (31/7), empat kecamatan mendapat giliran pertama yakni Kecamatan Purworejo, Kaligesing, Banyuurip dan Bayan. Sedangkan angkatan selanjutnya akan dilaksanakan mulai Senin (5/8) hingga Kamis (8/8) depan. Setiap desa dua anggota BPD, total peserta sejumlah 938 orang,” terang Agus.(ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top