• Berita Terkini

    Sabtu, 20 Januari 2018

    Cak Imin: Pilgub Jateng untuk Batu Loncatan Pileg 2019

    foto : wiwid arif/magelang ekspres
    MAGELANG SELATAN - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menargetkan partainya mampu meraih posisi kedua dalam pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang. Menurutnya, target itu sangat realistis terlebih kapabilitas, popularitas, dan elektabilitas PKB dinilai terus mengalami kenaikan.

    Ia menganggap bahwa Jawa Tengah menjadi sangat krusial. Kontestasi PKB dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, 27 Juni 2018 mendatang bisa menjadi batu loncatan untuk meraub suara sebanyak-banyaknya dalam Pileg 2019.

    ”Jawa Tengah itu sangat penting. Maka dari itu yang kami turunkan adalah kader terbaik, yang sangat berpengalaman, empat periode di DPR RI. Kita sempat lakukan analisa dan dipilih yang paling dikenal, disukai, dan pasti dipilih oleh masyarakat, yaitu Mbak Ida (Ida Fauziah),” kata Cak Imin, sapaan akrab Muhamimin Iskandar dalam pidato Ikrar Pemenangan Pak Dirman dan Mbak Ida, di Hotel Atria, Kota Magelang, Jumat (19/1/2018).

    Cak Imin menambahkan bahwa PKB adalah partai yang besar. Namun para kadernya kebanyakan tidak mendapatkan posisi strategis di tatananan pemerintah daerah hingga pemerintah pusat.

    ”Oleh karena itu, kami menargetkan pada pemilu nanti, PKB bisa menempatkan kader-kader terbaiknya di birokrasi strategis, sehingga tidak ada lagi kaum Nahdiyin yang tidak bisa mengeluarkan aspirasinya,” jelasnya.

    Ia menyadari bahwa masyarakat Nahdiyin di Jawa Tengah porsi gerakannya masih sangat kecil. Bahkan, belum sepenuhnya bisa berkontribusi dalam pengelolaan kebijakan maupun keputusan terhadap anggaran jalannya pembangunan pemerintahan.

    ”Berbeda dengan Jawa Timur, karena di sana kebijakan apapun selalu melibatkan komponen ulama, melalui pola kerja aspirasi, dan hasilnya bisa tepat sasaran. Kami ingin agar di Jawa Tengah bisa meniru konsep itu, sehingga provinsi ini bisa sejajar dengan provinsi lain di Pulau Jawa,” tandasnya.

    Namun, target kemenangan itu, kata Cak Imin, tidak bisa didapat dengan cara sederhana. Butuh komitmen yang kuat dari pengurus partai tingkat pusat, hingga kader PKB di tingkat ranting, untuk satu padu memenangkan pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziah.

    ”Kesaktian PKB dibutuhkan di Jawa Tengah ini karena kita akan menghadapi incumbent. Kita harus kerja keras, mengerti denyut nadi masyarakat di Jawa Tengah, karena itu menjadi kesaktian kita untuk memenangkan Pilgub Jawa Tengah,” ucapnya.

    Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu kembali menegaskan kepada ribuan kader dan simpatisan PKB yang hadir pada kesempatan itu untuk segera bekerja keras untuk mencapai kemenangan 4 target yang ditentukan. Target tersebut yakni memenangkan Pilgub, Pibub/Pilwakot di daerah, Pileg, hingga Pemilihan Presiden (Pilpres).

    ”Sekali dayung di Jawa Tengah, insyaallah 4 pulau akan terlampaui. Intinya bahwa Jateng harus menang, menang, dan menang,” tuturnya.

    Sementara itu, Ketua DPW PKB Jawa Tengah, KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) mengatakan bahwa sudah saatnya Jawa Tengah dipimpin oleh seorang yang santun, berperilaku baik, dan dikenal banyak orang.

    ”Sosok itu melekat dalam diri Pak Dirman dan Mbak Ida, yang sangat berpengalaman. Beliau adalah kader terbaik yang dimiliki PKB sekarang ini,” katanya.

    Pengasuh Ponpes Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Magelang itu menjelaskan yang terpenting para kader dan simpatisan untuk merapatkan barisan, rajin bersosialisasi, dan ikhtiar untuk memenangkan calon.

    ”Tugas selanjutnya setelah Pilgub, untuk menyukseskan Panglima Santri Cak Imin, sebagai wakil presiden,” pungkasnya. (wid)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top