• Berita Terkini

    Saturday, February 4, 2017

    Warga Pandanlor Kembangkan Usaha Emping Melinjo

    MAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)  - Kelompok usaha Karya Sejahtera Desa Pandanlor Kecamatan Klirong, berkomitmen untuk mengembangkan usaha emping mlinjo dalam program desa berdikari. Kelompok yang terdiri dari 11 anggota tersebut, bertekad untuk mengembang potensi desa setempat.

    Desa Pandanlor merupakan sebuah desa di Kawasan Pesisir Selatan. Salah satu potensi desa tersebut yakni melinjo yang merupakan bahan utama untuk pembuatan emping. Di desa tersebut, masih terdapat ratusan pohon mlinjo, yang tumbuh di pekarangan-pekarangan penduduk.

    Ketua Kelompok Karya Sejahtera Rahmat Satibi mengatakan, kegiatan pembuatan emping mlinjo dimulai pada minggu pertama Desember silam. Hingga kini, kelompok usaha Karya Sejahtera  telah mempunyai hampir 1 kuintal emping. “Mudah-mudahan hal ini akan terus berlangsung  dan berkembang dengan baik,” tuturnya, sela-sela menjemur emping, Selasa (31/1/2017).

    Rahmat Satibi menambahkan, modal usaha kelompok merupakan bantuan dari Provinsi Jawa Tengah pada “Program Desa Berdikari”.  Sebagian laba dari hasil usaha akan dikembalikan kepada anggota, sedangkan sebagian lainnya dimasukan kas kelompok. “Program ini merupakan berkah bagi masyarakat Desa Pandanlor,” katanya.

    Terpisah, Kepala Bapermades dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kebumen Moh Amirudin SIP MM mengatakan, setiap tahun terdapat lima desa yang mendapatkan bantuan dari provinsi terkait dengan Program Desa Berdikari. Program tersebut dilaksanakan guna meningkatkan potensi desa terkait. “Bantuan diharuskan untuk mengelola dan meningkatkan potensi desa. Desa berdikari adalah desa yang mampu swasembada baik pangan, papan, maupun sandang,”  ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top