• Berita Terkini

    Sabtu, 05 Maret 2016

    Puncak Hud Jadi Favorit Baru

    SUDARNO AHMAD/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Puncak Hud, yang berada di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, kini menjadi obyek wisata favorit baru di Kabupaten Kebumen. Setiap harinya, obyek wisata alam yang dibuka sejak awal tahun lalu itu selalu ramai dikunjungi wisatawan. Terutama para pemburu matahari terbit (sunrise).

    Kepala Desa Karangbolong Sobirin, mengatakan rata-rata dalam sehari sedikitnya 100 hingga 150 orang mengunjungi puncak yang berada di atas persis Pantai Karangbolong itu. Bahkan di akhir pekan, jumlahnya meningkat hingga dua kali lipat.  "Yang datang rata-rata masih muda, yang masih suka tantangan naik ke puncak. Mereka biasanya datangnya rombongan," kata Sobirin, kepada Kebumen Ekspres, Jumat (4/3/2016).

    Saat ini, kata dia, pihaknya sebagai pengelola obyek wisata itu tidak menarik tarif khusus bagi para pengunjung. Pengunjung hanya diminta sumbangan seikhlasnya yang langsung dimasukan ke dalam sebuah kotak. "Itu untuk biaya pengelolaan saja," ucapnya.

    Meski tidak mematok tarif khusus, pengelola terus melakukan pembenahan terhadap fasilitas obyek wisata. Seperti jalan menuju puncak sudah diperbaiki sehingga kendaraan roda dua sampai di lokasi wisata. "Memang untuk kendaraan mobil belum bisa naik, masih harus parkir di bawah. Naiknya bisa sewa ojek," ujarnya.

    Selain itu, pengelola juga telah menyediakan lokasi untuk mendirikan tenda bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana malam di kawasan tersebut. Maupun yang ingin ekskslusif melihat sunrise. "Atau juga wisatawan bisa menginap di rumah-rumah warga sekitar," imbuhnya.

    Puncak Hud, objek wisata menarik untuk dikunjungi yang menyuguhkan pemandangan alam nan eksotis. Tempat ini menjadi lokasi ideal untuk menikmati keindahan sunrise atau matahari terbit di Kabupaten Kebumen. Lokasi yang berada tepat di atas obyek wisata Pantai Karangbolong itu mulai banyak dikunjungi wisatawan.
    Wisatawan rela mendaki area pegunungan hanya untuk sekedar menikmati hamparan laut selatan dari ketinggian. Tempat ini pun menjadi lokasi yang sangat strategis untuk berfoto-foto.

    Tak hanya menikmati keindahan Samudra Indonesia, Puncak Hud juga menyuguhkan pemandangan Pantai Suwuk dari ketinggian. Kemewahan obyek wisata yang saat ini menjadi andalan Pemkab Kebumen terlihat lebih indah dan nyata dari tempat ini. Hamparan sawah, di sisi utara Pantai Suwuk, alur Daerah Aliran Sungai (DAS) Telomoyo.

    Disisi utara perkampungan dan hamparan pegunungan yang masuk wilayah Kawasan Karst Gombong Selatan. Dua gunung kembar, Sindoro dan Sumbing juga tampak sangat jelas terlihat disisi timur laut.

    Tak hanya Puncak Hud, di kawasan tersebut juga menyuguhkan obyek wisata lain seperti Pantai Karang Pamuran, Goa Asli lokasi pengunduhan sarangburung, hingga petilasan pertapaan Bung Karno.(ori)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top