• Berita Terkini

    Saturday, March 12, 2016

    Berburu Panorama Eksotik di Bukit Langit

    HUDI FOR EKSPRES


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Satu lagi tempat wisata alternatif yang patut dikunjungi.  Setelah Bukit Pranji yang berada di Desa Watulawang dan Pengaringan, Kecamatan Pejagoan dan Bukit Pentulu Indah (PI) di kawasan geologi Karangsambung, ada lagi tempat tujuan wisata yang sedang naik daun. Bukit Langit namanya.

    Terletak di Dusun Kembangabang, Desa Giripurno Kecamatan Karanganyar, Kebumen, Bukit Langit mulai banyak dikunjungi wisatawan. Sebagian besar, pengunjung bukit yang berada di perbatasan Kecamatan Karanggayam, Kecamatan Karanganyar, dan Sruweng adalah para remaja dan penggemar fotografi.

    Ya, dari atas bukit berketinggian 360 meter di atas permukaan air laut (Mdpl), wisatawan bisa melihat landscape Pegunungan Serayu Selatan di bagian utara. Di sisi timur terlihat Bukit Condong serta Perbukitan Padureksa dan di sisi selatan terlihat dataran rendah di selatan Karanganyar dan Adimulyo.

    Tak jauh dari Bukit Langit terdapat satu bukit yang oleh masyarakat setempat disebut Bukit Butak. Bukit ini memiliki elevasi yang lebih tinggi sekitar 380 Mpdl. Bukit Langit cocok digunakan untuk kegiatan camping karena lahannya yang datar dan cukup lebar. Wisatawan akan dimanjakan kabut pagi di lembah Desa Kajoran, Karanggayam di sisi utara.

    Dari atas bukit ini, indahnya matahari terbit tak kalah menakjubkan untuk disaksikan. Lokasi ini memiliki spot menarik bagi pecinta fotografi. Tak heran jika bukit ini menjadi lokasi favorit komunitas pencinta fotografi untuk berburu foto landscape.

    Salah satu komunitas pencinta fotografi "Kebumen Pancen Maen" rela mendaki bukit tersebut pukul 04.00 untuk menikmati sunrise. "Luar biasa, lokasi ini cukup potensial menjadi lokasi wisata jika digarap secara serius," ujar Hood Son, salah satu anggota komunitas Kebumen Pancen Maen.

    Objek wisata ini dirintis oleh sejumlah pemuda penggiat wisata bekerja sama dengan masyarakat setempat. Untuk memudahkan wisatawan, sejumlah papan petunjuk menuju Bukit Langit mulai dipasang di sejumlah titik.

    Adapun rute menuju Bukit Langit, dari Alun-alun Karanganyar ke timur hingga hingga menemui simpang lima Desa Candi. Ambil jalur tengah atau menuju ke utara hingga menemui Tugu Canonade.

    Lanjutkan perjalanan ke utara hingga menemui pertigaaan segeralah ambil jalur kanan. Ikuti jalur tersebut sampai bertemu SDN 3 Giripurno lalu mengarah ke timur untuk bertemu Gardu Dukuh Kembangabang. Sampai di sini wisatawan harus naik ke arah utara sampai Bukit langit. (ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top