• Berita Terkini

    Senin, 11 Januari 2016

    Disiapkan Rp 70,5 M untuk Sertifikasi Guru

    Ahmad Ujang Sugiono SH
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Jumlah dana tunjangan sertifikasi guru bagi guru PNS di Kabupaten Kebumen cukup fantastis. Pada pencairan akhir tahun 2015 ini , jumlah yang harus dibayarkan oleh Pemerintah Pusat mencapai lebih dari Rp 70,5 miliar. Dari jumlah tersebut,  jika ditambah dengan dana tunjangan sertifikasi guru non PNS yang berada di wilayah Kabupaten Kebumen, maka totalnya dipastikan bisa mencapai triliunan.

    Menurut Kepala Dikpora Kebumen, Ahmad Ujang Sugiono SH jumlah dana sebesar Rp 70,5 M itu, diperuntukan bagi 5.915 guru PNS. Sedangkan rincian penerimanya, guru PNS PAUD sebanyak 168, guru SD/SMP sebanyak 5.095 dan guru SMA/SMK 652. "Pencairan juga dilakukan secara langsung, yakni ditransfer melalui rekening bank ke guru masing-masing," tuturnya kepada Ekspres, beberapa waktu lalu.

    Dijelaskannya,besaran dana tunjangan sertifikasi yang dialokasikan setiap triwulannya tersebut, bertambah, bila dibandingkan dengan  pencairan triwulan sebelumnya. Mengingat di setiap tahunnya jumlah guru yang sertifikasi semakin bertambah.

    Menurutnya, bahwa pada tahun 2015, jumlah guru PNS dari Kebumen yang sedang mengikuti sertifikasi guru sebanyak 400 orang. Di mana mereka yang lulus nantinya, akan menerima tunjangan sertifikasi guru pada tahun 2016 ini. Dengan semakin besarnya perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan guru tersebut, pihaknya berharap kinerja guru akan benar-benar ditingkatkan. “Kita berharap mereka tidak hanya sekedar menggugurkan kewajiban mengajar saja. Namun juga benar-benar mendidik siswa menjadi generasi yang berkarakter dan cerdas,” ungkapnya.

    Ahmad Ujang Sugiono SH  menambahkan, jumlah guru Non PNS di Kebumen yang sudah sertifikasi saat ini mencapai sebanyak 1.261 orang. Untuk guru non PNS tersebut, penerimaan tunjangan sertifikasinya dilakukan dengan cara ditransfer dari pemerintah pusat, ke rekeninng para guru non PNS tersebut. “Mekanismenya memang seperti itu,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top