• Berita Terkini

    Rabu, 12 Juni 2024

    Siswa SDN 5 Panjer Kampanyekan Kelestarian Lingkungan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ratusan siswa SD 5 Panjer Kebumen antusias mengikuti gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang digelar pihak sekolah, Selasa (11/6)


    Dalam kegiatan ini, para siswa menampilkan berbagai pertunjukan seni kreasi. Yang menarik, mereka juga menjual hasil budidaya tanaman hias dan sayuran serta memamerkan hasil karya daur ulang sampah. 


    Kepala SDN 5 Panjer, Saefudin Ali, mengatakan, untuk tahun ini kegiatan gelar karya Projek memang mengangkat tema Kewirausahaan. Salah satu implementasinya, para siswa  menjual hasil budidaya tanaman hias dan sayuran serta memamerkan hasil karya daur ulang sampah. 


    "Tema kewirausahaan diambil untuk.mwmberikan semangat kepqda peserta didik sejak dini untuk gemar berwirausaha. Selain itu mereka juga diajarkan untuk mencintai lingkungan dengan berbudaya bersih pungut sampah hingga budidaya tanaman produktif di lahan yang berbatas," ujarnya



    Tema ini menjadi sinkron dengan status sekolah adiwiyata yang kini disandang SD Negeri 5 Panjer. Dengan status adiwiyata, mereka terus mengampanyekan kelestarian lingkungan



    "Harapannya anak didik semakin cinta terhadap lingkungan serta terus berupaya menjaga kelestarian lingkungan," katanya. 


    Sementara itu, budaya cinta lingkungan ini dipraktekkan dengan budaya memungut sampah yanh ditemui hingga membuang sampah pada tempatnya. Hal ini senagai bentuk melatih budaya bersih dan mendukung pemerintah daerah dalam mempertahankan piala Adipura. 


    "Kita ajarkan budaya bersih sejak dini kepada anak-anak agar kelak di masyarakat mereka sudah terbiasa. Ini juga untuk menyiapkan generasi masa depan untuk terus mempertahankan Adipura yang sudah diraih Kebumen," kata Saefudin. 


    Sementara itu, Pengawas Pendidikan Disdikpora Kabupaten Kebumen, wilayah Sekolah SDN 5 Panjer, Amiyatun Muayanah mengapresiasi kegiatan ini. Ia menilai kegiatan peduli lingkungan ini dapat menumbuhkan karakter cinta alam sehingga sejak dini anak sudah dapat menghargai alam dan merawat alam dengan baik. 

    "Dengan begitu diharapkan saat tumbuh besar nanti mereka senantiasa bisa menjaga alam dengan memulainya dari hal-hal kecil seperti mungut sampah dan membuangnya pada tempat sampah," katanya. ( Pada gelaran P5 SDN 5 Panjer juga digelar bazar makanan tradisional dengan bungkus daun. Pada acara ini juga melibatkan para wali siswa. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top