• Berita Terkini

    Jumat, 15 Maret 2024

    Bursa Cabup Kebumen 2024 Mulai Menghangat, Nama Reza Mardhika Menguat

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Warga Kabupaten Kebumen sepertinya tak bisa berlama-lama memperbincangkan hasil pelaksanaan Pemilihan Umum  legislatif (pileg) dan Pemilihan Presiden dan wakil Presiden (pilpres) 2024 ini.  Sebab, agenda politik pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Kebumen sudah di depan mata.


    Bila tidak ada perubahan, agenda Pilkada atau biasa disebut Pilbup (pilihan bupati) Kebumen bakal digelar 27 November 2024. Itu artinya, hanya hitungan bulan sejak saat ini.


    Seiring dengan itu, situasi politik Kebumen sepertinya sudah mulai menghangat. Dan yang paling menarik tentu saja, beredarnya nama-nama sejumlah kandidat. 

    Sejauh ini, kandidat yang mulai disebut-sebut dari banyak latar belakang. Dari politisi, pengusaha hingga dari tokoh militer. Dan tentu saja, petahana serta sejumlah nama mantan Bupati kembali disebut-sebut layak memimpin Kebumen di periode mendatang.


    Mereka antara lain, Bupati Kebumen saat ini, H Arif Sugiyanto SH MH. Kemudian Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih. Muncul juga nama mantan Bupati Mantan Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz serta Mantan Bupati Buyar Winarso SE


    Selain nama-nama itu, para Ketua parpol di Kebumen mengemuka seperti Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Zaini Miftah, Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen Saiful Hadi serta Ketua DPC Gerindera Kebumen Solatun. Selain nama-nama itu, ada juga nama  dr Faiz Alauddien Reza Mardhika yang juga Ketua DPD Nasdem Kebumen.


    Selain nama-nama itu, ada sejumlah tokoh muda semacam juga HM Senno Tursino, pengusaha dan penggiat olahraga di Kebumen. Lalu, M Fauhan Fawaqi politisi muda PKB. Ada juga disebut-sebut, Lilis Nuryani yang juga merupakan istri Mantan Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, Rektor UMNU Kebumen Dr Imam Satibi juga Ketua PCNU Kebumen KH Dawammudin Masdar. Sementara dari kalangan militer muncul nama Brigjen Inf TNI Thoyib Anwari.

    Dari banyak nama itu, kemunculan dr Faiz Allaudien Reza Mardhika menjadi menarik. Bagaimana tidak. Pria yang akrab disapa dokter Reza, selama ini dikenal sebagai tokoh muda yang dikenal punya komitmen di bidang sosial. Reza Mardhika memiliki lembaga untuk memberdayakan dan mendampingi kaum disabilitas di Kebumen juga banyak kegiatan sosial lain.


    Hingga kemudian, baru pada tahun ini, Reza Mardhika terjun ke dunia politik dengan menjabat sebagai Ketua DPD Nasdem Kebumen. Ia menjadi Ketua parpol termuda di Kebumen. 


    Meski begitu, di periode pertamanya memimpin partai Nasdem, Reza Mardhika berhasil mengantarkan partai besutan Surya Paloh itu menduduki peringkat tertiga daftar perolehan suara di Pemilu legislatif 2024  di Kebumen. 


    Dengan perolehan suara 109.616, Nasdem hanya kalah dari pemenang Pemilu di Kebumen, PKB (163.990 suara) dan peringkat kedua PDI Perjuangan (161.512 suara). Tak hanya itu, Partai Nasdem di era Reza Mardhika menggeser partai-partai besar lainnya di Kebumen semacam Gerindra (di tempat keeempat) dan PAN, PPP bahkan Golkar dan PKS sekalipun.


    Mengacu pada hasil tersebut, Nasdem berhasil menempatkan 8 wakilnya di DPRD Kebumen periode 2024-2029. Hasil ini merupakan kenaikan 100 persen dari Pemilu sebelumnya. Reza Mardhika sendiri terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah. 


    Ya, dalam waktu relatif singkat ini,  Reza Mardhika sepertinya telah menjelma menjadi salah satu kandidat kuat di Pilbup mendatang. Bahkan berdasarkan hasil poling yang digelar sebuah lembaga, Reza Mardhika yang juga merupakan anak sulung Mantan Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad ini menempati peringkat pertama dari sisi elektabilitas


    Menurut PolingKita.com  pada Kamis (14/3) dan menyasar 10.000 responden, Faiz Allaudien Reza Mardhika menempati urutan teratas. Poling sendiri menanyakan kepada respondens tokoh mana yang akan dipilih jika Pilkada Kebumen 2024 digelar hari ini.


    Nama Faiz Allaudien Reza Mardhika dipilih sebanyak 28,9%. Di peringkat kedua, Ristawati Purwaningsih dengan 27,5%. Lalu, Arif Sugiyanto 16,7%. Di tempat ke-4 hingga ke-7, masing-masing HM Tursino Senno, 5,6%, Brigjend Inf.TNI Thoyib Anwari (5,2%). Lilis Nuryani (4,4%) dan Buyar Winarso (3,9%). Sementara di tempat selanjutnya Zaini Miftah (3,5%) dan Solatun (1,6%).

    Ketua Lakpesdam PCNU Kebumen periode 2018-2022, Gus Wahyu mengamini dr. Reza menjadi sosok yang dinantikan oleh warga Kebumen. Reza Mardhika ia nilai merupakan tokoh muda yang diharapkan membawa angin segar bagi lapisan masyarakat Kebumen.

    "Yang dibutuhkan Kebumen, itu diantaranya kesejukan. Kesejukan disemua aspeknya. Tampaknya, dr. Reza itu sosok yang bisa memberi kesejukan bagi Kebumen. Ia juga sosok yang cerdas, serta dr. Reza juga tokoh muda Kebumen yang menginspirasi bagi kalangan muda, termasuk bagi kalangan perempuan, serta bagi masyarakat umum," ujar Gus Wahyu. (*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top