• Berita Terkini

    Kamis, 02 Mei 2024

    Silawet Resmi Jadi Maskot Pilkada 2024


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, KPU Kebumen secara resmi meluncurkan Maskot Silawet. Peluncuran Maskot tersebut menjadi tanda, tahapan Pilbup 2024 secara resmi telah dimulai.

    Peluncuran Maskot Silawet digelar di Stadion Candradimuka Kebumen, yang sekaligus diperkenalkan kepada masyarakat.  Ribuan masyarakat tampak hadir pada peluncuran tersebut melalui Kegiatan KPU Bersholawat, Senin (30/4) malam.

    Maskot Silawet yang baru diluncurkan ini, memiliki filosofi yang menggambarkan representasi dari masyarakat Kebumen. Dimana, penggunaan pakaian adat dan burung lawet pada maskot sudah sangat dikenal oleh masyarakat Kabupaten Kebumen.

    Guna menyambut Pilkada 2024, KPU Kebumen juga memiliki tagline yakni "Pilkada Adem Kebumen Ayem", . Ini dengan harapan pemilihan kepala daerah bisa berjalan damai, tanpa adanya ujaran kebencian maupun aksi anarkisme.  Adanya maskot dan juga tagline baru tersebut diharapkan bisa menarik minat pemilih untuk menyalurkan hak suaranya pada 27 November mendatang. 

    Ketua KPU Kebumen menjelaskan terkiat Maskot Silawet. Lawet merupakan ikon Kebumen. Sedangkan baju batik yang dikenakan merupakan pakaian adat juga merepresentasikan Kebumen. Selain  itu juga menjadi daya tarik  tersendiri bagi masyarakat. 

    “Ini akan menjadi penyemangat juga bagi masyarakat. Maskot Silawet memiliki daya tariknya dan mudah diingat. Selain itu tagline Pilbup Adem Kebumen Ayem merupakan doa kita bersama. Semoga penyelenggaraan piliada 2024 ini bisa berjalan dengan adem. Bukan berarti apatis ya, adem itu tidak anarkis tidak ada sarkasme tidak ada ujaran kebencian. Sehingga terciptalah Kebumen yang ayem,” tuturnya.

    Sementara itu Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih menyampaikan Maskot Pilbup berupa Burung Lawet yang menggunakan batik khas Kebumen itu kemudian mengunakan ikon yang menarik. Selain itu juga memiliki makna dan filosfis yang mendalam.

    “Ikon itu menunjukkan bahwa KPU benar-benar serius dalam mempersiapkan Pilbup. Pemilu Adem Kebumen Ayem artinya pemilihan besok bisa berjalan baik aman dan kondusif. Siapapun pilihannya tentunya harus berjiwa besar bagi bangsa dan menjunjung tinggi nilai-nilai Demokrasi,” ucapnya. 

    Sementara,  Kapolres Kebumen AKBP Recky diwakili Kabagops Kompol Setiyoko, optimis jika Pilbup di Kebumen akan kondusif seperti Pilpres dan Pileg yang digelar sebelumnya. "Untuk mendukung pesta demokrasi agar berjalan kondusif, tentu kami akan melakukan pengamanan dan pengawalan selama tahapan Pemilu. Kami optimis, jika di Kebumen akan kondusif seperti Pemilu sebelumnya," jelas Kabag Ops Kompol Setiyoko. 

    Sesuai dengan tema Pilbup 2024, "Kebumen Adem, Kebumen Ayem," Polres Kebumen mendukung secara penuh agar pesta demokrasi berlangsung aman dan kondusif. 

    Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih mengapresiasi masyarakat Kebumen yang telah menggunakan hak pilihnya pada gelaran Pilpres dan Pileg 2024.

    Masyarakat diminta untuk menghormati hasil pemilu dengan penuh ikhlas. "Semoga, para pemimpin yang kita pilih menjadi pemimpin yang amanah. Berkaca pada pemilu sebelumnya, Pilbup 27 November 2024, kita berharap berjalan aman dan lancar," ungkap Wakil Bupati. 

    Hal yang sama diungkapkan Ketua KPU Kebumen Dzakiatul Banat, mengharap dukungan dari semua masyarakat agar Pilbup 2024 bisa berjalan lancar.



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top