• Berita Terkini

    Selasa, 02 April 2024

    Puluhan Armada Lebaran Jalani ramp check


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Puluhan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menjalani cek kendaraan angkutan umum atau ramp check kendaraan yang digelar Satlantas Polres Kebumen, Senin (1/4/2024).  Satu persatu bus yang masuk terminal diperiksa dari kelengkapan teknis, sampai kelengkapan secara administrasi.

      Kanit Gakkum Satlantas Polres Iptu Santoso tampak memimpin kegiatan yang digelar  di Terminal Bus Tipe A Kebumen itu. 


    Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto, menyampaikan ramp check kendaraan untuk memastikan bahwa kendaraan yang akan beroperasi saat libur lebaran dalam kondisi fit sehingga laik jalan. "Pengecekan ini untuk meminimalisir terjadi kecelakaan karena troublenya kendaraan. Sehingga dilakukan pengecekan," jelas AKP Heru. 

    Sementara itu, Kanit Gakkum Iptu Budi Santoso menambahkan, saat ramp check, bus yang masuk terminal diperiksa satu persatu mulai dari kelengkapan teknis, sampai kelengkapan secara administrasi. "Sasaran kegiatan ini adalah kendaraan pengangkut penumpang  yang memasuki wilayah Kebumen. Total ada 21 bus yang kita lakukan pengecekan," jelas Iptu Budi Santoso.

    Menurut Iptu Budi, ramp check kendaraan penting dilakukan untuk memastikan semua dalam kondisi baik. Tak luput seperti sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, kondisi ban, dan sabuk keselamatan juga dilakukan pengecekan oleh petugas gabungan. 

    Lalu pada teknis penunjang kendaraan, meliputi pengukur kecepatan, spion, wiper kaca depan, klakson, kapasitas tempat duduk penumpang, serta perlengkapan kendaraan dan perlengkapan tanggap darurat juga dicek pada kesempatan itu.

    Ramp check akan dilakukan secara berkala di beberapa titik rest area, juga beberapa terminal di Kebumen.  "Setelah semua dalam kondisi baik, semoga mudik lebaran tahun ini bisa berjalan aman, lancar sampai dengan tujuan," imbuh Iptu Budi. 

    Selanjutnya, Satlantas juga akan meningkatkan kegiatan patroli antisipasi kerawanan lalu lintas di jalur utama. Ini dilakukan sesuai arahan Kapolres Kebumen agar terwujud keamanan keselamatan ketertiban kelancaran berlalu-lintas (Kamseltibcarlantas) yang kondusif di wilayah Kebumen

             Selain itu, Kasi Pengembangan Moda dan Teknologi Disperkimhub Kebumen, Puji Basuki, mengatakan untuk Ramp Check angkutan umum ini, Disperkimhub Kebumen fokus pada  bus untuk angkutan mudik lebaran 2024.


             "Menghadapi masa lebaran tahun 2024 diharapkan agar dengan pemeriksaan seperti ini  aspek keselamatan akan terpenuhi sehingga mereka penumpang semuanya bisa nyaman dan aman," kata Puji.


             Adapun objek pemeriksaan kendaraan meliputi sistem alat kemudi, sistem penerangan, fasilitas tanggap darurat, perlengkapan kendaraan bermotor, badan kendaraan beserta komponen pendukung hingga kelengkapan syarat pengemudi.


            "Kami juga bekerjasama dengan Dinkes untuk  pemeriksaan terhadap kru atau awak angkutan umum, sehingga mereka dipastikan betul-betul fit dalam menjalankan tugasnya sehingga mereka jauh dari resiko terhadap kecelakaan," jelas Puji.


            Terpisah, Seksi Pelayanan Kesehatan, Dinkes Kebumen, Anjas Dwi Purwanto menuturkan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan kepada para pengemudi dan awak bus, yakni pemeriksaan tekanan darah dan juga kadar gula darah.


            Mereka yang diketahui tidak sehat, karena tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi diminta untuk beristirahat dan memeriksakan diri lebih lanjut. Ia menyarankan, agar pengemudi yang tidak sehat tersebut untuk tidak mengemudikan kendaraan dan diganti dengan supir cadangan.


          “Tadi yang sudah diperiksa, diketemukan bahwasanya satu orang  tekanan darahnya tinggi lebih, kemudian ditemukan juga satu pengemudi dengan gula darah yakni 287, ini diatas ambang batas. Kita menyarankan untuk periksa kesehatan di layanan kesehatan terdekat, dan himbauannya untuk tidak mengemudi dulu diganti dengan supir cadangan,” ujarnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top