• Berita Terkini

    Minggu, 28 April 2024

    Pasca Lebaran, Permintaan Administrasi Kependudukan Masih Tinggi


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Pasca libur lebaran, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kebumen masih ramai dipadati oleh masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan. Setiap harinya, setidaknya Disdukcapil Kebumen melayani 500 hingga 600 warga yang mengurus data kependudukan.

    Banyak masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan. Ini seperti mengurus KTP Elektronik maupun surat pindah. Hal tersebut, tampak di Disdukcapil Kebumen dimana hingga, Kamis (25/4) ini, masih dipadati masyarakat yang mengurus data kependudukan. Tidak sendikit pula, warga yang mengurus surat pindah, dan juga pembuatan KTP Elektronik. 

    Untuk mempercepat pelayanan, Disdukcapil Kebumen juga membuka gerai Drive Thru bagi pengendara untuk kepengurusan KTP. Selain itu, warga juga bisa mengurus Dokumen Kependudukan, melalui layanan keliling yang tersedia di beberapa tempat.

    Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Bambang Wahyu Santoso menyampaikan pelayanan adminduk kependudukan terus dilakukan. Hingga kini, pelayanan adminduk itu cukup besar. Banyak pula masyarakat yang memanfaatkan waktu mudik lebaran untuk mengurusnya. 

    “Proses cetaknya itu bisa sampai 500 hingga 600 keping setiap harinya. Sedangkan kartu keluarga juga tidak jauh berbeda diangkan kurang lebuih 500 lembar. Permintaan perpindahan kependudukan juga banyak,” tuturnya.

    Untuk mendukung pelayanan dapat dilakukan di Gerai Drive Thru. Dimana  masyarakat yang berkendara baik sepeda motor maupun mobil juga bisa menerima layanan itu pada Kamis dan Senin. 

    Sementara itu salah satu warga yakni Azizah Apriliyani menyampaikan pihaknya datang ke Disdukcapil untuk memperbaharui KTP. Soalnya KTP yang lama itu rusak. Pelayanan pada Disdukcapil Kebumen  menurutnya bagus dan cepat. 

    “Kayaknya nggak sampai sepuluh menit sudah dapat yang baru. Kita cuma ngasih dokumen yang diperlukan dikasih ke loketnya terus nunggu sebentar langsung jadi,” jelasnya.

    Pihaknya juga berharap agar pelayanan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga. Sekarang pelayanan dilakukan dengan baik dan cepat. Berbeda dengan dulu, dimana mengurus KTP membutuhkan waktu lama. “Sekarang sudah lebih maju dan lebih bagus untuk pelayanan di Kebumen,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top