• Berita Terkini

    Jumat, 05 April 2024

    75 Siswa SMAN 1 Kebumen PTN Favorit Tanpa Tes


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Sebanyak 75 siswa SMAN 1 Kebumen diterima masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Favorit di Indonesia. Mereka berhasil masuk melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024. Diantaranya sebanyak 31 siswa diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

    Kepala SMAN 1 Kebumen, Rachmat Priyono mengapresiasi keberhasilan siswanya yang lolos dan diterima di PTN favorit tanpa seleksi. Hal itu menjadikan kebanggan almamater sekolah.

    "Selamat dan kami sangat bangga, karena keberhasilan yang diraih tidak terlepas dari ketekunan selama pembelajaran di sekolah," kata Rachmat didampingi Waka Humas Slamet Pramono kepada Ekspres kemarin.

    Rachmat menyebut tahun ini ada sebanyak 74 siswa yang dinyatakan masuk di 12 universitas favorit se indonesia. Diantaranya 31 siswa diterima di UGM, 24 siswa di UNS, 6 siswa di Undip serta Universitas Favorit lainnya. Ia menjelaskan jumlah yang masuk perguruan favorit tahun ini dari SMA N 1 Kebumen cukup tinggi dibandingkan dengan sekolah favorit yang ada di kabupaten tetangga.

    "Untuk peringkat terbanyak ada di 3 perguruan tinggi itu yakni UGM, UNS dan UNDIP, sisanya ada yang di Universitas Brawijaya ITB Bandung, ITB Bogor, UNES, Unsoed, ITS, Untidar, UPN dan lainnya,"katanya.

    Selain itu, Rachmat menyebut keberhasilan ini juga berkat kerja cerdas dan kerja ikhlas dari semua komponen sekolah. Baik dukungan Komite sekolah serta dukungan berbagai pihak, termasuk dukungan moril dari pemerintah. "Jumlah tahun ini lebih tinggi jika dibandingkan tahun lalu yang kisaran 48%, tahun ini meningkat menjadi 52% dari total kuota siswa yang berhak ikut seleksi (eligible)," ujar Rachmat. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top