• Berita Terkini

    Jumat, 15 Maret 2024

    Ramadan, Pengrajin Kue Kemanjiran Order Lebaran


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Bulan Suci Ramadan 1445 H membawa berkah tersendiri bagi Paryatun (24) salah perajin kue lebaran. Pasalnya, meski baru memasuki awal Ramadan, namun dirinya sudah kebanjiran orederan kue lebaran hingga 5.000 toples.

    Di rumahnya yang berada di Dukuh Putat, Desa Tanggulangin, Kecamatan  Klirong Paryatun memang setiap tahun ketika memasuki bulan ramadan selalu membuat pesanan aneka kue kering untuk lebaran. Jika pada tahun lalu dirinya mendapatkan total 3.000 toples pesanan kue, kali ini dirinya mengaku sudah menerima orderan lebih dari 5.000 toples. Dimungkinkan pesanan pun akan terus bertambah, mengingat saat ini masih awal Ramadan. 

    “Kalau tahun lalu pesenan sampai 3.000 toples, Alhamduillah tahun ini ada peningkatan sudah ada 5.000 pesanan yang masuk. Produksi sudah mulai dari seminggu yang lalu dan sudah ada sekitar 1.000 lebih yang sudah dikerjakan,” kata Paryatun, Kamis (14/3).

    Paryatun sudah sejak tahun 2020 menggeluti usaha membuat kue kering, dirinya pun memanfaatkan media sosial untuk pemasarannya. Tak heran, dirinya yang kini dibantu 10 orang karyawan yang merupakan tetangga sekitar itu mampu memasarkan kue buatannya hinga ke berbagai daerah. Bukan hanya dalam kota saja, kue lebaran yang di produksinya dipesan dari kota-kota lain seperti Jepara, Yogkarta, Batam, Medan hingga ke Malaysia.

    Dirinya pun mengaku harga bahan baku untuk membuat kue saat ini banyak yang mengalami kenaikan harga. Namun dirinya tetap berusaha menjaga kualitas kue buatannya dan tidak menaikan harga jual untuk kue lebaran buatannya itu. Paryatun pun mengatakan pada ramadan kali ini dirinya mampu meraup omzet mencapai Rp 150.000.000.

    “Masalahnya sekarang bahan-bahan pada naik, tpai saya tetep mempertahankan kualitas dan untuk harga jual masih tetap  mulai dari Rp 18.000 sampai Rp 35.000,” tuturnya.

    Sementara itu, Ani Samini (50) salah seorang pelanggan kue lebaran asal Kelurahan Kebumen mengungkapkan, dirinya hampir setiap tahun dirinya memesan kue kering untuk lebaran di tempat Paryatun. Selain dirasa lebih praktis dan harga yang ekonomis, varian rasa dan kue yang di buat di sini pun cukup beragam dan rasanyapu  tidak pernah mengecewakan.

    “Ya selalu pesen di sini yang praktis aja lah, di sini harganya terjangkau, banyak pilihannya dan soal rasa nggak mengecewakan,”  ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top