• Berita Terkini

    Selasa, 07 November 2023

    Realisasi Program Kebumen Cerdas, Beasiswa Rp 539 Juta Disalurkan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ratusan pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Kebumen, mendapatkan bantuan bea siswa dari Pemkab Kebumen. Bantuan yang disalurkabn lewat BAZNAS Kabupaten Kebumen Tahun 2023 itu diserahkan oleh Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih di Aula Kampus IAINU Kebumen, Senin (6/11).


    Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih dalam sambutannya mewakili Bupati H Arif Sugiyanto mengatakan, penyaluran zakat produktif dalam bentuk beasiswa oleh BAZNAS Kabupaten Kebumen menunjang program pemerintah kabupaten dalam mensejahterakan masyarakat untuk mewujudkan Kebumen Semarak. 


    Dalam kesempatan itu, Bupati memberikan apresiasi jajaran BAZNAS Kabupaten Kebumen yang telah bekerja optimal termasuk di dalamnya membuat program-program unggulan dan terlibat langsung memajukan pendidikan di Kabupaten Kebumen.


    Lebih lanjut, Bupati berharap pemberian dana beasiswa kepada anak didik di Kabupaten Kebumen dapat terselenggara secara terus menerus. 


    Kepada 161 penerima beasiswa Baznas, Wabup Ristawati Purwaningsih berpesan bahwa kesuksesan yang sesungguhnya adalah yang berproses, tidak instan. Menurutnya, kesuksesan juga tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan intelektual (hardskill). “Kesuksesan juga dipengaruhi oleh kemampuan interpersonal (softskill). Seperti contohnya komunikasi, berpikir kritis, kreatif, kerjasama, tanggung jawab, dan masih banyak lagi. Jangan lupa sopan santun tetap kedepankan,” kata Wabup Ristawati.

    Sementara itu, Ketua BAZNAS Kebumen Bambang Sucipto menyampaikan bantuan ini masuk dalam Program Kebumen Cerdas.

    Adapun penerima beasiswa merupakan 161 siswa SMA/SMK/MA, Mahasiswa, Santri Tahfidz, dan tenaga kependidikan lembaga keagamaan Islam dengan total beasiswa Rp 539 juta. Rinciannya, Mahasiswa S1 dengan pendaftar 46 peserta, lulus 43 peserta, nominal yang diterima masing-masing sebesar Rp5.000.000. SMA/SMK/MA dengan pendaftar 248 peserta, lulus 60 peserta, nominal yang diterima masing-masing sebesar Rp2.500.000.


    Santri Tahfidz dengan pendaftar 65 peserta, lulus 49 peserta, nominal yang diterima masing-masing sebesar Rp3.000.000. Tenaga Pendidik dan Kependidikan dengan pendaftar 9 peserta, lulus 9 peserta, nominal yang diterima masing-masing sebesar Rp3.000.000. 

    "Dengan beasiswa ini para penerima harus lebih berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik, utamanya bidang agama Islam. Lalu menjunjung tinggi nilai akhlakul karimah, dan siap jadi duta Baznas," katanya (*/as)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top