• Berita Terkini

    Selasa, 27 Juni 2023

    Akankah Kebumen Hattrick Juara Umum AFP Jateng?

     


    Gelaran kompetisi futsal “AFP Jateng Champhionship 2023” yang di laksanakan di GOR RM. Said Kabupaten Karanganyar membuat juara bertahan “Kebumen” menekan target tinggi. Mampukah Kabupaten Kebumen Juara Umum Lagi?

    Dalam akun instragram @AfpJateng Kebumen mampu mengirimkan 4 tim dalam kompetisi tersebut, yakni U-17 dan U-19 Putra dan Putri. Kebumen memastikan bersama kabupaten Sragen yang hanya mengirim jumlah tim yang sama. Sedangkan tuan rumah serta kota semarang mengirimkan 3 tim dalam ajang yang digagas untuk mencari bakat dan seleksi tim Pra PON Jawa Tengah tersebut. Sedangkan kabupaten lain mengirimkan 2 dan 1 tim peserta. 

    Di Jawa Tengah Kebumen sudah moncer dipapan atas dalam turnamen yang digelar sejak 2017 silam. Kebumen berhasil  meraih 2 kali juara umum di kompetisi pembinaan ini. Pada tahun 2021  silam, Kebumen meraih Medali emas 3 medali emas dan 2 medali peruggu yang digelar di Gor Tegal Selatan. Hal tersebut membuat Kebumen menjadi Juara Umum AFP Jateng 2023. Seangkan pada tahun 2019 Kebumen berhasil meraih 2 medali emas dan 2 medali perak. Bagaimana dengan Tahun 2023? 

    Pengamat Futsal Kebumen, Muhamad Mahfudin menilai secara statistik peserta Kebumen mempunyai peluang besar mempertahankan gelar juara umum untuk yang ke 3 kalinya. “ Dengan daftar peserta yang rilis dari panitia, Kebumen menempati “juara” yakni bisa mengirimkan tim sesuai kuota yang ada bersama kabupaten Sragen” ungkapnya. 

    Perkembangan futsal kebumen yang cukup siginifikan mempengaruhi mental pecinta futsal dan penggiat futsal khususnya untuk ajang paling bergengsi dalam kategori usia. Ajang yang cukup bagus untuk melangkah ke jalur prestasi ini sangat diminati oleh pemain muda kebumen. Dalam pelaksanaan  2 kali berturu-turut, Kebumen bisa mengirimkan dengan 6 tim yakni U-15, U-17 dan U-19 baik putra maupun putri. Namun pada tahun 2023, AFP hanya menyelenggarakan 2 kategori usia saja. 

    Selain melihat statistik peserta, Kebumen juga mempunya rekor yang baik dalam ajang prestasi futsal untuk kategori usia yakni Juara Popda Futsal 2022 dan proses pembinaan futsal untuk kategori usia cukup menjadi modal yang baik untuk meraih juara pada tahun 2023 ini. 

    Kebumen Pasang Target Hattrick?

    Secara mentalitas, Kebumen  dinilai mampu berani menyuarakan meraih 3 kali juara umum. Hal itu cukup mendasar secara histori kebumen mempunyai akademi binaan yang cukup konsisten untuk kategori usia dan mempunyai liga pembinaan yakni Liga AAFI. Menurut Penulis beberapa yang bisa membuat Kebumen meraih Juara Umum lagi diantaranya 

    Pertama, statitistik peserta. Peserta turnamen AFP Jateng Championship 2023  Kebumen pasti diunggulkan karena mempunyai tim yang berada di setiap kategori. “ Pemain yang bertanding tahun 2023 adalah hampir 97  persen adalah pemain AFP tahun 2022 silam, yang secara kualitas pengalaman sudah pernah mencicipi tensi pertandingan level Jawa Tengah” ujarnya. 

    Kedua, Mentalitas pemain dan official. Prestasi yang diraih dalam ajang ini hampir mendarah daging bahwa AFP milik Kebumen. “ Kompetisi AFP sangat ditinggu-tunggu oleh pemain dan official kebumen. Mimpi pemain untuk bisa membela kabupaten beriman sangatlah tinggi” 

    Ketiga, Konsistensi organisasi Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Kebumen yang dipimpin HM. Tursino, SE menambah semangat para pemain binaan untuk terus sinergi dengan visi dan misi dengan jargon “KebumenJuara”.  Jargon tersebut menjadi motivasi pecinta futsal kebumen untuk bisa meraih hasil level tertinggi disetiap ajang dan aspek, mulai dari pembinaan hingga prestasi kompetisi. 

    Keempat, Kebumen Kumplit akan sumber daya pemain, Pelatih dan perangkat pertandingan. Hal ini menjadi kemajuan yang signifikan bagi kota yang dipimpin oleh H. Arif Sugiyanto, M.H ini. Kebmen memiliki 10 pemain kebumen mengikuti kompetisi Profesional melalui Club level nasional yakni, Ahmad Khoeron (Giga FC lampung), Panca Satria (Cosmo JNE), Antika, Furi Indarti, wulan dan anggita (Putri Sumatra Selatan), Khoerotin, Inayati, Serli dan Sella ( Kebumen Angels).  

    Namun pemerintah seyogyanya perlu memperhatikan dan mengapresiasi dengan baik dengan kondisi kebumen yang masih minim sarana dan prasarana yakni GOR yang belum standar pertandingan level Nasional. Menurut hemat penulis, dengan kelengkapan SDM yang baik, Kebumen akan bisa mencetak Hatrik AFP Jateng Championship dengan baik. Semoga!!!


    Penulis : Muhamad Mahfudin 

    Pelatih dan Pengamat Futsal Kebumen

    Tinggal di Jogopaten Buluspesantren


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top