• Berita Terkini

    Kamis, 11 Mei 2023

    Bupati Kebumen Letakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Sehat KSPPS USM


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bupati kebumen Arif Sugiyanto meletakan batu pertama untuk pembangunan gedung rumah sehat milik KSPPS Umat Sejahtera Mulia, Sabtu (6/5/2023). Peletakan batu dilakukan usai Peresmian Bulan Waqaf Diklat Perkoperasian Syariah dan Gebyar Hadiah Wadiah.


    Hadir pada kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen Iin Windarti Arif Sugiyanto, Asisten 2 Frans Haidar, Kepala Kemenag Kebumen ,Camat serta Forkopimcam Alian.


    Ketua Pengurus KSPPS USM, Drs KH Ashari mengatakan, pembangunan Rumah Sehat ini merupakan dari hasil pengembangan Baitul Maal KSPPS USM yang beralamat di kompleks kantor pusat Jalan Raya Pemandian Timur, Desa Surotrunan Rt 02 Rw 03 Kecamatan Alian, Kebumen. Rumah sehat ini nantinya bisa memfasilitasi cek kesehatan dan laboratorium gratis untuk masyarakat.


    “Kegiatan ini bertepatan Milad KSPPS USM ke 17  yang lahir pada 3 April 2003, dulu lahirnya BMT alhamdulilah sekarang bisa berkembang,” katanya.


    Kh Ashari menjelaskan KSPPS USM saat ini memiliki dua organisasi dan lembaga yakni Baitul Maal dan Tamwil. Dimana lembaga ini tidak hanya berjalan pada simpan pinjam

    saja namun bergerak pada sosial kemasyarakatan.


    “Kita satu-satunya KSPPS yang sudah memiliki Nadzir Wakaf uang yang sudah terdaftar di pusat, wakaf uang di kami saat ini sudah terkumpul Rp 580 juta dari para wakif mulai pengurus, karyawan, pengawas dan masyarakat Kabupaten Kebumen,” katanya.


    Lanjut Ashari, pihaknya selaku baitul maal bisa bisa terus memberikan pelayanan pada masyarakat, salah satunya dengan pengembangan Rumah Sehat ini, di lokasi gedung ini nantinya disiagakan dokter praktek, apotik hingga laboratorium pengecekan kesehatan.


    “Nanti ada apotik, dokter praktek dan laborat, oprasional memakai dana pengembangan wakaf, sehingga nanti masyarakat mendapat pelayanan gratis, jangan sampai masyarakat sakit tidak bisa beribadah,” ujarnya.


    Sementara itu, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengatakan, ia mengapresiasi pengembangan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Umat Sejahtera. hadirnya koperasi ini diharapkan dapat menggerakan roda perekonomian kebumen tumbuh dengan baik dan bisa mensejahterakan masyarakat.



    “Perkembangan KSPPS di bawah kepemimpinan KH Ashari yang dapat terus mengembangkan kemuliaan untuk umat dan dapat memudahkan meningkatkan perekonomian masyarakat kebumen khususnya di kecamatan alian, apalagi Alian ini masuk dalam tingkat kemiskinan ekstrim, semoga bisa membawa masyarakat semakin sejahtera, mandiri dan berakhlak bersama rakyat,” katanya. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top