• Berita Terkini

    Sabtu, 11 Maret 2023

    Pelayanan JKN-KIS Hadir di MPP Purworejo

     

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres

    PURWOREJO –  Masyarakat Kabupaten Purworejo semakin dimudahkan dengan pelayanan BPJS Kesehatan. Salah satunya pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari  BPJS Kesehatan Cabang Kebumen kini sudah ada di Mall Pelayanan Publik (MPP) Purworejo. Masyarakat bisa datang dan mendapatkan seputar layanan JKN-KIS dan aktivasi Mobile JKN.

    Pejabat Pengganti Sementara, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Agus Tri Setya Nugraha, mengatakan hadirnya layanan JKN di kanal MPP Purworejo sebagai sinergi antara BPJS Kesehatan dengan semua pihak untuk pelayanan publik. Hadirnya layanan JKN di MPP ini diharapkan dapat memberikan akses yang mudah bagi masyarakat.

    “BPJS Kesehatan Cabang Kebumen kini sudah ada kanal layanan JKN di MPP Purworejo. Layanan ini buka setiao hari selasa dan kamis pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB, ini salah satu upaya untuk mendekatkan masyarakat Purworejo mendapat pelayanan Program JKN,” kata Agus, Kamis (9/3/2023) kemarin.

    Agus menjelaskan, dengan  kanal layanan JKN di MPP ini masyarakat bisa mengurus administrasi kepesertaan, mulai dari  layanan pendaftaran peserta baru, penambahan atau pengurangan anggota keluarga. Kemudian disini juga dilayani perubahan data seperti, data diri, perubahan fasilitas kesehatan tingkat satu,  (FKTP), perubahan kelas rawat, peralihan jenis kepesertaan. 

    "Masyarakat juga bisa mengakses layanan informasi dan penanganan pengaduan, ini merupakan upaya kami menjaga kualitas layanan JKN .  Kemudahan akses layanan disini juga sama dengan akses layanan di Kantor BPJS Kesehatan,” jelasnya. 

    Tak hanya itu, Agus menyampaikan, kanal layanan JKN di MPP juga menjadi media sosialisasi dan inovasi BPJS Kesehatan. Tujuannya agar masyarakat mendapatkan edukasi tentang manfaat dan kemudahan memiliki JKN-KIS.

    “Masyarakat sudah tidak perlu berkunjung secara langsung, sudah ada inovasi kanal layanan online, sudah bisa dilayani secara administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), layanan Care Center 165, dan Chat Assistant JKN (CHIKA).  Layanan ini dapat diakses kapanpun sehingga tidak perlu repot-repot keluar rumah," ujarnya.

    Agus menambahkan, masyarakat juga disarankan untuk memaksimalkan layanan dengan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini sudah memiliki fitur lengkap.

    "Cukup dengan kuota internet sudah bisa akses layanan Program JKN secara mandiri,” tambahnya. Puan Nabilla (26), salah satu pengunjung kanal layanan JKN di MPP Purworejo, merasa senang dengan adanya layanan JKN di MPP.  Hadirnya BPJS Kesehatan di MPP menjadi salah satu terobosan untuk dekat  dengan masyarakat dan memudahkan akses Program JKN. "Tadi mengurus administrasi JKN untuk penambahan anak, pelayanan cepat dan lebih efektif karena waktu tunggu tidak lama. Antrinya sedikit dari pada datang ke BPJS Kesehatan," ujarnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top