• Berita Terkini

    Jumat, 03 Februari 2023

    Rangkaian HPN PWI Kebumen 2023 Digelar Satu Bulan Penuh


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 Kabupaten Kebumen bakal berlangsung meriah. Peringatan tahunan ini rencananya digelar dengan berbagai macam kegiatan selama satu bulan penuh.


    Ketua Panitia HPN Kabupaten Kebumen Paryanto SH MH menyampaikan, secara garis besar HPN 2023 tidak jauh berbeda dengan perayaan sebelumnya. Ini seperti Ziarah ke Makam para wartawan, sarasehan, bhakti sosial dan lainnya.


    Disampaikannya, HPN di Kebumen digagas para juru warta yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Berbagai persiapan, kata Paryanto, kini juga terus dilakukan demi kelancaran acara. Termasuk membuka ruang koordinasi dengan sejumlah pihak, utamanya Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH selaku pucuk pimpinan daerah. 

    “Kami juga sudah sowan ke bupati. Menyampaikan apa yang menjadi niat dan tujuan HPN," tuturnya, Jumat (3/2/2023).


    Paryanto mengemukakan Peringatan HPN 2023 di Kebumen diawali gelaran malam tasyakuran di Sasana Pambiwara Dinas Kominfo Kebumen. Pada malam 9 Februari itu, bakal menjadi tanda dimulainya seluruh rangkaian kegiatan.


    Usai tasyakuran, berlanjut keesokan hari ada pelaksanaan ziarah ke makam rekan wartawan yang sudah berpulang. Ziarah ini sudah menjadi tradisi setiap HPN tiba. Intinya tak lain untuk memberikan penghargaan lewat doa-doa yang dipanjatkan. Selain itu, dilanjutkan kegiatan Fun Futsal' bersama instansi di lingkungan Pemkab Kebumen.


    Kemudian ada juga rangkaian acara road show PWI ke sejumlah lembaga pendidikan. Ini meliputi sekolah tingkat SMA, kampus dan pesantren. Fokus utama kegiatan tersebut yakni sebagai ruang para wartawan untuk berbagi ilmu. 


    “Ada enam lembaga pendidikan di Kebumen yang menjadi sasaran tempat kegiatan. Diskusi biasanya cenderung ke literasi digital. Bagaimana membekali para siswa pentingnya berliterasi. Ada tambahan materi dasar pembuatan berita," bebernya.


    Puncak kegiatan ditutup dengan sarasehan dan resepsi HPN. Resepsi digelar dengan mengundang pakar berkompeten. Adapun tema yang diusung berkaitan dengan situasi politik, serta peran pers selaku insan pilar demokrasi dalam mengawal tahapan Pemilu 2024.  "Rencananya kami hadirkan pakar dari Unsoed sama Ketua KPU Jateng,” kataya.

    Sementara itu, Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH menyambut baik dan sangat mendukung perayaan HPN. Selama ini, kata Bupati H Arif, Pemkab terus menjalin hubungan baik dengan awak media selaku mitra pembangunan daerah. “Pasti kami dukung. Bisa kolaborasi kegiatan yang sifatnya membangun,” ucapnya didampingi Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih.

    Bupati H Arif pun mengapresiasi kegiatan para wartawan, yang memilih bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan dalam perayaan HPN. Menurutnya, masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk meningkatkan kapasitas pelajar sesuai minat dan bakat. 

    "Saya kira, formulasi kegiatan wartawan di sekolah atau tempat yang berbau pendidikan harus terus digencarkan ya. Soalnya sekarang yang dibutuhkan skill knowladge,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top