• Berita Terkini

    Minggu, 25 Desember 2022

    Nataru, Kendaraan Masuk Kebumen Diperiksa


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Memastikan kendaraan penumpang dalam keadaan siap jalan, Sat Lantas Polres Kebumen bersama dengan Disperkimhub Kabupaten Kebumen  Jum’at, (23/12/2022) menggelar kegiatan Ram Cek Kendaraan Umum yang memasuki wilayah Kebumen. 


    Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono mengatakan, Ram Check untuk memastikan kondisi kendaraan sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. "Pada saat diberlakukannya Ram Check, kendaraan akan diperiksa satu persatu mulai dari kelengkapan teknis, sampai kelengkapan secara administrasi," jelas AKP Tejo. 


    Ram Cek yang dilakukan sekaligus dalam rangka Ops Lilin Candi Tahun 2022 Polres, karena diprediksi akan terjadi lonjakan pemudik saat liburan Nataru.Selain Ram Cek Kendaraan, Sat Lantas juga meningkatkan kegiatan patroli antisipasi kerawanan lalu lintas di jalur utama. Ini dilakukan sesuai arahan Kapolda Jateng beberapa waktu lalu agar arus lalu-lintas di wilayah Jawa Tengah selalu terkendali. 


    Di bagian lain, Kepala Dinas Disperkimhub Kebumen Slamet Mustolhah melalui Kepala Bidang Keselamatan Transportasi dan Pengembangan Modal Disperkimhub Kebumen Budiono menuturkan pengecekan meliputi kelengkapan surat-surat kendaraan, rem, ban, lampu lampu dan lain sebagainya. Termasuk kondisi kesehatan para pengemudinya.


    "Tujuannya adalah untuk peningkatan keselamatan transportasi jadi kalau peningkatan jni harus kita lihat kendaraannya juga dan sopirnya juga. Ini sangat penting agar kondisi kendaraan betul-betul baik dan laik jalan sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan," ujarnya.

    Sedangkan dari hasil pengecekan, petugas menemukan seurat KIR ada yang mati. Selain itu ada beberapa temuan lainnya seperti lampu yang tidak berfungsi.

    "Dari temuan tersebut, tidak dilakukan penilangan terhadap kendaraan transportasi tersebut. Namun, dilaporkan langsung kepada perusahaan OTO Bus yang bersangkutan untuk mentaati peraturan yang ada,"  katanya


    Sementara itu, Korsatpel Terminal Bus Tipe A Kebumen Baroto mengatakan menjelang libur Natal dan tahun baru ini, sudah mulai ada lonjakan. Dimana, kenaikan kendaraan yang masuk sekitar 50 persen,  dari hari biasa 50 kendaran kini mencapai sekitar 80 BUS.(fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top