• Berita Terkini

    Senin, 05 Desember 2022

    1.480 Pohon Hijaukan Gunung Srati


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2022, sebanyak 1.480 bibit pohon. Ini dengan jenis tanaman Cengkih, Petai, Jengkol dan Jenitri.

    Penanaman dilakukan di Gunung Srati tepatnya di Petak 56A4.RPH, Sikayu.BKPH Gombong Selatan.KPH Kedu Selatan. Masuk Kawasan Embung Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kamis (1/12/2022).

    Penanaman sebanyak 1.480 bibit pohon jenis,Cengkeh, Jengkol, Petai, dan Jenitri, serentak dilakukan di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Kebumen, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang.


    Kegiatan tersebut merupakan upaya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk merehabilitasi lahan kritis di berbagai daerah. Salah satunya di lahan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah, wilayah Kedu Selatan di Gunung Srati. 


    "Ini merupakan kegiatan penanaman pohon yang serentak dilakukan seluruh BUMN yang ada di Indonesia dengan disaksikan Pak Erick Tohir," jelas Direktur Operasi Perum Perhutani Natalas Anis Harjanto  


    Kegiatan penanaman bibit pohon yang juga disaksikan oleh Menteri BUMN Erick Tohir secara hybrid melalui video conference ini melibatkan beberapa stakeholder. 


    Kegiatan kolaborasi menanam 1.480 bibit pohon tersebut, harapannya banyak pihak yang bisa terlibat aktif dalam merawat dan menjaga kelestarian lingkungan. 


    Sementara itu, pada kesempatan ini Administratur KPH Kedu Selatan, Usep Rustandi mengatakan kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya sebagai seremoni dalam rangka HPMI 2022, melainkan juga edukasi kepada banyak pihak untuk melakukan pelestarian alam.


    "Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Selain itu juga berkolaborasi dengan organisasi pecinta alam, relawan serta TNI Polri juga mendukung kegiatan ini," terangnya.


    Dirinya menambahkan sampai hari ini masih terdapat lahan kritis maupun lahan kurang produktif diarea kewenangan Perhutani Kedu Selatan.


    Untuk itu pihaknya setiap tahunnya merencanakan kegiatan reboisasi dengan menanam pohon jenis tanaman pembangunan.


    "Kami juga mengajak segenap masyarakat sekitar untuk mendukung langkah pelestarian lingkungan ini. Sebab kelestarian lingkungan terutama hutan merupakan tanggung jawab kita bersama," pungkasnya. 


    Selain di Kawasan Embung Desa Srati, Kecamatan Ayah, penanaman juga dilakukan di Kabupaten Magelang di Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, dan di lereng Gunung Ungaran tepatnya di Kawasan Pos Mawar, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan.


    Hadir dalam acara di KPH Kedu Selatan Direktur Operasi Perum Perhutani Natalas Anis Harjanto didampingi Wakil Divisi Regional Jawa Tengah, Anggar Widiyatmoko, Komunitas Pohon Indonesia, anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), dan masyarakat sekitar. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top