• Berita Terkini

    Senin, 15 Agustus 2022

    Semarak Baju Adat Nusantara Meriahkan Pitulasan di SD Muhammadiyah


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Suasana semarak terlihat di  SD Muhammadiyah Kebumen, Jumat (12/8/2022). Ini setelah para siswa memeragakan baju adat nusantara di halaman sekolah setempat dalam rangka memeriahkan HUT Kemederkaan RI Ke-77.


    Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Kebumen Miskun mengatakan fashion show baju adat nusantara menjadi salah satu kegiatan dalam rangka memeringati sekaligus memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke77. 


    Mengenakan baju adat nusantara, ujar Miskun, bertujuan membangun kesadaran siswa agar bisa meneladani para tokoh dan pejuang kemerdekaan RI. Dengan begitu diharapkan, para siswa akan lebih semangat dan rajin belajar untuk mengejar cita cita.


    "Dalam tahun sebelumnya sempat vakum karena pandemi covid. Baru tahun ini bisa kembali digelar. Dengan momentum ini, kami ingin mengajak para siswa menumbuhkan rasa cinta tanah air, untuk membangun kesadaran meneladani pejuang agar lebih semangat belajar sehingga bisa meraih cita-cita," tambah Miskun.


    Wakilnya Kepala Sekolah SD Muhammadiya Kebumen Sulthon Nasir menambahkan pihak sekolah menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI. Rangkaian kegiatan yang disebut Gebyar Kemerdekaan digelar di halaman setempat yang berlangsung selama 4 hari, mulai Jumat 12 Agustus hingga 17 Agustus 2022. 


    Tak hanya para siswa, kegiatan kemarin juga melibatkan para orang tua wali murid. "Kegiatan ini sebagai obat rindu untuk memeriahkan HUT RI, kita isi dengan berbagai lomba. Salah satunya menampilkan pakaian adat se Indonesia. Kegiatan ini sekaligus menerapkan kurikulum merdeka yakni dengan mengikutsertakan para siswa dan wali. Untuk puncaknya nanti kita gelar Upacara Bendera Merah Putih," ujar Sulthon Nasir.

    Di tempat yang sama, Ketua Panitia Kegiatan HUT RI, Syifa Lailatul M SPd, sejumlah kegiatan masih sedang dan akan berlangsung hingga 17 Agustus mendatang.  Dari lomba melukis Caping, Cerdas Cermat, Balap Karung, menghias kelas, estafet sarung, jalan sehat dan Fashion Show dengan kostum pakaian adat se Indonesia kemarin.


    "Nanti dari pihak sekolah akan memampang sebanyak 77 caping gunung yang bergantung di halaman sekolah. Jumlah tersebut sebagai simbol HUT RI 2022 yang ke 77," ujarnya. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top