• Berita Terkini

    Minggu, 10 Juli 2022

    Tahun ini, Ponpes Al Hasani Potong Sapi dari Kapolri


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Sepintas tidak ada yang begitu berbeda, dari aktifitas suasana Idul Adha 1443 Hijriah ini dan sebelumnya di Ponpes Al Hasani Jatimulyo Alian. Masyarakat secara bahu membahu mengurus proses penyembelihan hewan kurban, mencacah hingga membagikannya ke masyarakat.


    Namun Idul Adha kali ini tentu istimewa, dimana Pondok Pesantren Al Hasani mendapat bantuan satu ekor sapi dari langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dengan adanya bantuan tersebut, terdapat empat sapi dan tiga ekor kambing yang disembelih di ponpes tersebut.


    Proses penyembelihan dilakukan oleh Pengasuh Ponpes Al Hasani Gus Fachrudin Achmad Nawawi usai melaksanakan Sholat Ied, Minggu (10/7/2022). 


    Gus Fachrudin Achmad Nawawi menjelaskan, tahun ini Ponpes Al Hasani menyembelih empat ekor sapi dan 3 kambing. Satu ekor sapi diantaranya merupakan bantuan dari Kapolri dan satu ekor kambing dari DPR Porvinsi Jawa Tengah Bambang Eko Purnomo. Sisanya dari masyarakat sekitar. Sedangkan untuk daging kurban hasil penyembilan dibagikan ke masyarakat dan para santri. 


    “Alhamdulilah tahun ini Ponpes Al Hasani bisa melaksanakan kurban. Dimana salah satu hewan tersebut merupakan bantuan dari Kapolri,” tutur ulama muda kharismatik yang akrab disapa Gus Fachru itu.


    Terkait adanya wabah PMK, Gus Fachru memastikan hewan-hewan kurban tersebut dalam kondisi sehat. Terlebih sudah diperiksa oleh petugas kesehatan hewan dari Kecamatan. “Insya Alloh kami pastikan hewan kurban baik sapi maupun kambing sehat dan terbebas dari PMK. Apalagi tadi juga sudah diperiksa oleh dokter hewan dari Kecamatan Alian,” terangnya.


    Sementara itu, Camat Alian Kinanto mengatakan, hasil pemeriksaan di wilayah kerjanya, belum satu pun ditemukan hewan kurban yang terindikasi PMK. Untuk itu pihaknya memastikan daging hewan kurban seluruhnya sehat dan aman dikonsumsi masyarakat, terutama di Ponpes Al Hasani.

    “Dari hasil pemeriksaan kami bersama tim kesehatan hewan, belum ada temuan terindikasi PMK di Wilayah Kecamatan Alian, jadi semuanya sehat dan aman,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top