• Berita Terkini

    Rabu, 22 Juni 2022

    Jelang Idul Adha, Pedagang Sapi di Kebumen Banjir Order


    KEBUMEN (kebumenekspres.com) -Meski ditengah maraknya penyebaran Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di berbagai daerah, ternyata tidak membuat pedagang sapi lokal PO Kebumen sepi peminat. Para pedagang sapi lokal di Kebumen justru Kebanjiran order, karena sapi-sapi tersebut dinilai lebih sehat dan tahan terhadap penyakit. Tidak kurang, 15 sampai 20 ekor sampi terjual ke berbagai daerah. 


    Seperti pedagang sapi yang juga sekaligus peternak sapi Peranakan Ongole di Dukuh Godi Desa Setrojenar Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen Slamet. Saat dijumpai Rabu, (22/6/2022) pihakya mengatakan menjelang Hari Raya Kurban, pihaknya mengaku kebanjiran pesanan dari berbagai daerah. 


    Sedikitnya,terdapat sekitar  15 sampai 20 ekor sapi terjual setiap harinya. Pesanan pun datang dari berbagai daerah seperti Jakarta, Tangerang, dan juga Cilacap. 

    “Alhamdulillah lebih meningkat, daripada tahun sebelumnya, sapi lokal keunggulan itu lebih kuat tubuhnya dan lebih kebal penyakit. Peningkatan penjualan bagus. Bisa hanya sekitar 14 ekor saja, kini hampir 20 ekor satu rombongan,” tuturnya. 


    Menurutnya, sapi lokal Kebumen banyak diminati oleh konsumen karena memang lebih tahan terhadap penyakit. Selain itu, sapi lokal Kebumen ini dirawat dengan baik dan diberi makan rerumputan alami. Harganya pun terjangkau di kisaran Rp 20 sampai Rp 36 juta per ekor. 


    Biasanya pembeli datang ke kandang dan melihat langsung kondisi sapi. Mereka pun cukup puas dengan sapi-sapi yang akan dibelinya. 

    “Banyak peminatnya kalau sapi lokal Kebumen. Kalau permintaan hewan kurban dari Jakarta ya ada dari Cilacap juga ada untuk pengirimannya besok di hari H. Kalau Cilacap udah berangkat,” katanya.


    Sementara itu, salah satu pembeli asal Tangerang Mahmud Yunus mengatakan pihak sudah 8 tahun menjadi pelanggan tetap sapi lokal Kebumen. Dan setiap datang ke Kebumen, dirinya mengaku banyak pilihan besar kecil maupun harganya. 


    Dia juga, sengaja datang langsung ke Peternak yang juga sebagai pedagang di Kebumen, karena ingin memastikan kondisi sapi yang dibelinya. Dan kondisinya juga dipastikan sehat.  Para pembeli memilih sapi lokal Kebumen, karena memang sudah terjamin kesehatannya dan dagingnya pun enak. 

    “Kalau Sapi Kebumen itu daging bagus, sudah dipercaya. Kalau dibuat bakso juga enak karena makanannya alami. Selain itu kondisi sapinya juga angat baik,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top