• Berita Terkini

    Selasa, 15 Februari 2022

    Kunci Posisi Runner Up, Persak Kebumen Lolos!


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Selangkah demi selangkah, Persak Kebumen semakin dekat dengan mimpi berlaga di Liga 2 musim mendatang. Ini setelah Lajoksa (julukan Persak) telah memastikan diri lolos ke babak 32 besar pada Liga 3 musim 2021 Putaran Nasional.


    Kepastian lolos ke babak 32 besar ini diperoleh setelah Persak meraih kemenangan meyakinkan 4-0 atas PS Jembrana Bali pada laga terakhir Grup H yang digelar di Stadion Klebondalem Kendal, Jawa Tengah, Minggu  (13/2/2022).


    Tiga poin atas PS Jembrana memastikan Persak menempati posisi 2 grup H dengan poin 6 (dua kali menang dan satu kali kalah). Persak pun dinyatakan lolos mendampingi PS Palembang yang memuncaki klasemen Grup H dengan poin maksimal 9. 


    Manajer Persak Kebumen, HM Tursino Senno, dihubungi kemarin menyampaikan kelegaannya usai kepastian timnya lolos ke babak 64 besar. Senno dan warga Kebumen pantas bangga atas kiprah Persak musim ini.


    Kelolosan ini tidak diperoleh dengan mudah. Persak harus mengawali kiprahnya di fase grup dengan kekalahan 0-1 pada laga pertama kontra PS Palembang. Di laga kedua, pasukan M Irfan itu harus bersusah payah menaklukan PSKB Bukittinggi. Persak menang 2-1 dengan bumbu kericuhan mewarnai laga tersebut. Persak baru menemukan performanya di laga terakhir dengan PS Jembrana dengan kemenangan besar 4-0.


    Semakin membanggakan lagi, Persak datang sebagai tim yang "nyaris tidak terdengar" di kancah sepak bola nasional. Alih-alih Liga 2 atau dulun Divisi 1, untuk kompetisi amatir Persak pun belum pernah sekalipun lolos. Bisa dikatakan, kiprah Persak Kebumen di kompetisi PSSI ini merupakan sejarah bagi dunia persepakbolaan di Kebumen.


    Dan, seluruh warga pasti berharap, Persak dapat kembali menorehkan sejarah dengan lolos ke Liga 2 pada musim mendatang. 

    Senno pun meminta, laskar Lajoksa bersiap untuk babak selanjutnya. Terlebih, PSGC Ciamis sudah menunggu pada pertandingan yang bakal digelar 16 Februari 2022 mendatang.


    Disinggung soal target, Senno memastikan mereka siap memberikan yang terbaik untuk warga Kebumen. Persiapan teknik dan fisik pun menjadi hal yang mutlak. Lebih dari itu, Senno percaya sepak bola tidak sekedar taktik dan strategi. 

    "Saya berharap tim selalu diberikan kemudahan dan selalu di naungi dewi fortuna di setiap pertandingan. Karena sepak bola tidak hanya bicara tentang taktik,skill pemain tapi dewi fortuna juga berbicara," ujar Senno.


    Pada babak 64 Besar, format permainan memakai sistem home tournament. 64 tim yang bersaing dibagi ke dalam 16 grup yakni Grup A hingga P. Masing-masing grup berisi empat tim.

    Dari babak 64 Besar, hanya juara grup dan runner-up yang akan melanjutkan kiprah ke babak 32 besar. Pada fase ini, format pertandingan juga masih memakai home tournament. Sementara, mulai babak 16 Besar, format pertandingan akan diubah menjadi sistem gugur. Tim yang menang akan melaju ke babak perempat final dan mendapatkan satu slot promosi ke Liga 2 musim depan.(cah)


    NB: Berita ini telah direvisi atau dibetulkan. Awalnya tertulis lolos ke babak 64 besar diedit menjadi 32 besar


    .


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top