• Berita Terkini

    Jumat, 10 September 2021

    Layang-layang Kerap Picu Listrik Padam di Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sejumlah Kecamatan di wilayah Kabupaten Kebumen belakangan ini kerap mengalami padam listrik. Ini di luar jadwal resmi pemadaman listrik dari PLN Kebumen dalam rangka pemeliharaan jaringan listrik.


    Sejumlah daerah pun baru-baru ini mengalami padam listrik. Salah satu penyebabnya adalah layang-layang yang tersangkut pada jaringan kabel PLN. Akibat layang-layang telah membuat beberapa daerah terdampak padam. Ini seperti Wilayah Kecamatan Kebumen, Klirong, Pejagoan, Buluspesantren, Sruweng dan sejumlah kecamatan lainnya.


    Supervisor Teknik Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Kebumen Fandi Rahmat menjelaskan dari sejumlah kasus di lapangan, padam listrik seringkali dipicu oleh layang-layang yang tersangkut di kabel jaringan PLN. Sehingga arus listrik mendadak atau otomatis padam.


    "Ada beberapa pemicu jaringan listrik padam otomatis atau mendadak. Namun belakangan ini pemicunya didomimasi oleh layang-layang yang tersangkut di kabel jaringan listrik PLN,” tuturnya, baru-baru ini. 


    Layang-layang yang ditemukan tersangkut di jaringan kabel listrik, lanjutnya, terdiri dari beragam ukuran dan model. Ini mulai ukuran kecil hingga jumbo. Disejumlah tempat juga ditemukan layang-layang yang dilengkapi dengan lampu dan diterbangkan saat malam hari.


    Lebih lanjut, pihaknya mengatakan hampir semua jenis layang-layang berbahaya jika mengenai kabel PLN tanpa pengaman. Ia menyebut layang-layang yang terbuat dari kertas kado alumiunium foil paling berbahaya. Pasalnya, saat terkena jaringan listrik, kertas yang bersifat konduktor akan segera menyebabkan hubungan arus pendek atau korsleting. 


    Tak hanya itu, menurutnya, layang-layang yang terbuat dari kertas biasa pun bisa berbahaya jika menyangkut di kabel jaringan. Pasalnya, saat dibiarkan menggatung dan kemudian basah karena hujan atau embun tetap dapat menimbulkan korsleting.


    Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kebumen agar mempertimbangkan kembali saat haendak menerbangkan layang-layang. Sebab jika sampai mengenai instalasi listrik akan berdampak pada banyak orang.

    "Kita semua tidak ingin listrik tiba-tiba padam. Apalagi dengan jangka waktu yang cukup lama, mengingat kebutuhan sehari-hari kita terhadap listrik kian kompleks. Untuk itu mari kita jaga bersama jaringan listrik di sekitar kita," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top